Breaking News:

Jalani Ramadan Saat Pandemi di Jepang, Yasir Hutapea Ikuti Kajian Virtual Komunitas Muslim Fukuoka

Di Jepang, Yasir tidak mengalami kesulitan dalam menemukan makanan halal. Kampusnya memiliki kantin yang menjual makanan halal.

TRIBUN MEDAN/HO
DOKUMENTASI foto Yasir Hutapea saat berbuka di Fukuoka, Jepang. 

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Bagi perantau yang menjalani Ramadan jauh dari tanah air, hal yang paling dirindukan adalah keluarga dan suasana dalam menyambut bulan suci tersebut.

Hal ini yang turut dirasakan oleh Yasir Arafat Hutapea, mahasiswa program doktoral di Kyushu University, Fukuoka, Jepang.

Yasir mengungkapkan bahwa Ramadan jauh dari tanah air ini merupakan kali kedua yang ia rasakan.

Sebelumnya, Yasir juga jalani Ramadan jauh dari keluarga di Medan untuk menempuh pendidikan magister di University of Manchester, Inggris tahun 2015.

Bagi Yasir, menjalani Ramadan di Jepang menjadi tantangan tersendiri karena Jepang dan Indonesia memiliki perbedaan kultur dalam beribadah.

"Sebenarnya kalau dari segi lebih ke arah kultur. Karena kita tahu Indonesia ini memang mayoritas muslim jadi memang sangat kental sekali kultur beribadah di sana dibandingkan dengan Jepang karena memang di sini sangat minoritas muslim namun tetap bisa hikmat jalankan ibadahnya," ungkap Yasir melalui WhatsApp, Senin (11/5/2020).

Di Jepang, Yasir tidak mengalami kesulitan dalam menemukan makanan halal.

Ia menjelaskan bahwa di kampusnya memiliki kantin yang menjual makanan halal.

"Kalau di sini untuk makanan halal tidak terlalu sulit didapatkan karena tinggal di asrama. Memang ada beberapa toko yang jual makanan halal bahkan di kampus sendiri banyak kafetaria yang menjual makanan halal. Walaupun minoritas di sini tapi toleransi Jepang sangat tinggi," tutur Yasir.

Tahun ini, Ramadan di Jepang berada dalam musim semi dengan durasi waktu berpuasa sekitar 15 hingga 16 jam.

Halaman
123
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved