Jelang Penjemputan TKI asal Tanjungbalai di Malaysia, Wali Kota Cek Posko Karantina dan Pelabuhan

Wali Kota Tanjungbalai mengecek kesiapan sejumlah fasilitas sarana dan prasarana dalam rangka jelang kepulangan ratusan TKI dari Malaysia

HO/Pemko Tanjungbalai
Rombongan Wali Kota Tanjungbalai saat meninjau fasilitas Pelabuhan Teluknibung pada Senin (11/5/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Medan/ Mustaqim Indra Jaya

TRI BUN-MEDAN.com, TANJUNGBALAI - Wali Kota Tanjungbalai, M Syahrial pada Senin (11/5/2020) mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Tengku Mansyur Tanjungbalai, Posko Karantina Sementara, di Jalan DI Panjaitan, Tanjungbalai dan Pelabuhan Teluknibung.

Kunjungan orang nomor satu di Pemko Tanjungbalai itu untuk memastikan kesiapan sejumlah fasilitas sarana dan prasarana dalam rangka jelang kepulangan ratusan TKI dari Malaysia asal Tanjungbalai dalam beberapa hari ke depan.

Saat di RSUD Tengku Mansyur, Syahrial memastikan sejumlah peralatan medis seperti ruangan isolasi pasien, CCTV, tempat tidur dan lainnya telah siap digunakan untuk menangani TKI yang bakal tiba nantinya. Begitu juga dengan kesiapan tenaga medis.

"Sudah saya lihat semua fasilitas yang ada di rumah sakit umum, semuanya dalam keadaan baik. Ruangan isolasi kondisinya bersih, semua dilengkapi peralatan yang memadai, seperti hand sanitizer atau sabun pencuci tangan. Sehingga orang yang masuk ini bebas dari virus dan bakteri," kata Syahrial, Senin

Begitu juga saat mendatangi GOR Mini yang dijadikan Posko Karantina Sementara menilai fasilitas maupun prasaran pendukung serta tenaga medis dan petugas lainnya sudah memadai untuk mengurusi ratusan TKI yang bakal tiba.

Di Pelabuhan Teluknibung, Syahrial meninjau lokasi pertama kali para TKI turun dari kapal yang mengangkut warga Tanjungbalai dari negeri jiran. Termasuk melihat langsung tempat para TKI akan menjalani pemeriksaan oleh petugas Karantina Kesehatan Pelabuhan (KKP) Tanjungbalai.

"Insya Allah kita sudah siap menyambut warga kita yang akan pulang dari Malaysia dalam beberapa hari ke depan.

Semoga semua berhalan aman dan lancar. Mari kita doakan, agar semua warga kita yang akan tiba dari Malaysia nanti dalam keadaan sehat dan terhindar dari wabah covid-19.

Sehingga usai menjalani proses karantina dapat berkumpul kembali dengan keluarga masing-masing," ungkapnya.

Sementara itu, pada Senin malam ini akan diberangkatkan 10 orang awak kapal KMP Jet Star dan tiga petugas medis dari Tanjungbalai ke Port Klang, Malaysia.

Seluruh petugas itu sebelum berangkat terlebih dahulu akan menjalani rapid test.

(ind/tri bun-medan.com)

Penulis: Mustaqim Indra Jaya
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved