Breaking News:

Kejari Ungkap Penangkapan Koruptor Pembangunan Tanggul Sungai Padang Tebingtinggi

Penangkapan terhadap tersangka Samsul dilakukan di rumahnya pada Kamis (7/5/2020) malam yang lalu.

TRIBUN MEDAN/ALIJA
PRESS release penangkapan buronan korupsi tanggul Sungai Padang di Tebingtinggi, Senin (11/5/2020) 

TRI BUN-MEDAN.com, TEBINGTINGGI -  Kejaksaan Negeri (Kejari) Tebingtinggi menggelar press release penangkapan buronan korupsi pembangunan tanggul Sungai Padang Tahun Anggaran 2013.

Press release ini digelar Senin (11/5/2020) siang, di Kantor Kejari Jalan KL Yos Sudarso, Kelurahan Lalang, Kecamatan Rambutan, Kota Tebingtinggi.

Dipimpin langsung Kajari Mustaqpirin, ia menyampaikan penangkapan terhadap tersangka Samsul dilakukan di rumahnya pada Kamis (7/5/2020) malam yang lalu.

Samsul sendiri menjabat sebagai Wakil Direktur pada CV Safitri, selaku perusahaan yang ditunjuk membangun tanggul Sungai Padang.

Sempat Menghilang 3 Tahun, Kejari Tebingtinggi Tangkap Buronan Korupsi Tanggul Sungai Padang

Setelah diamankan oleh Intel Kejari Tebingtinggi, Samsul yang sempat menjalani tes rapid Covid-19. Setelah dinyatakan negatif, Samsul kemudian dititip ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Tebingtinggi.

Press release ini pun dilaksanakan tanpa kehadiran Samsul, guna memperhatikan protokol pencagahan Covid-19. Dikatakan Mustaqpirin, kasus dugaan korupsi terkait pembangunan tanggul tersebut sudah ditingkatkan ke tahapan penyidikan menyusul terbitnya Surat Perintah Penyidikan Nomor 04/N.2.14/Fd.1/06/2016 tertanggal 6 Juni 2016.

"Kerugian keuangan negara dalam perkara ini senilai Rp 123,5 juta, sudah dibayarkan. Sebelumnya dua orang sudah dijadikan tersangka. Namun atas nama tersangka Muhammad Yusuf (PNS di Dinas PU) telah divonis di Pengadilan Tipikor Medan," urainya.

Dikatakan Mustaqpirin, perkara korupsi Muhammad Yusuf sendiri telah berkekuatan hukum tetap (inkrah) tahun 2017 lalu. Muhammad Yusuf dinyatakan bersalah dan divonis pidana 1 tahun dan 6 bulan penjara.

Sementara tersangka Samsul sejak awal peyelidikan, telah mangkir ketika dipanggil untuk menjalani pemeriksaan di Kejari Tebingtinggi.(mag/tri bun-medan.com)

Penulis: Alija Magribi
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved