Timnas U-19 Bakal Gelar Virtual Training, Legenda PSMS Sahari Gultom Pimpin Latihan Para Kiper

Pelatih Tim nasional (timnas) Indonesia Shin Tae-yong sepertinya tak ingin bersantai terus di tengah pandemi covid-19.

Tribun-Medan.com/Chandra Simarmata
Mantan penjaga gawang PSMS, Sahari Gultom. 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Chandra Simarmata

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Pelatih Tim nasional (timnas) Indonesia Shin Tae-yong sepertinya tak ingin bersantai terus di tengah pandemi covid-19.

Rencananya, pelatih asal Korea Selatan itu akan memulai langkah dalam rangka persiapan timnas U-19 menuju Piala Dunia U-20 tahun 2021.

Legenda PSMS Medan yang kini menjadi pelatih kiper timnas U-19, Sahari Gultom mengatakan, pelatih kepala Shin Tae-yong berencana menggelar latihan bersama secara virtual (maya).

Meski masih berada di kampung halamannya, Korea Selatan, pelatih kepala Shin bakal tetap menggelar latihan secara online.

"Rencana di Timnas ada nanti virtual training. Sudah dibuat oleh pelatih Shin Tae-yong bersama pelatih fisiknya dari Korea untuk buat program latihannya. Terutama nanti untuk anak-anak yang U-19," ujarnya, Senin (11/5/2020).

Pria yang akrab disapa Ucok ini menjelaskan, selain persiapan 2021, virtual training bagi timnas muda U-19 juga dilakukan untuk persiapan ajang bergengsi Piala Asia U-19 2020 yang jadwalnya ditetapkan AFC pada 14-31 Oktober 2020 di Uzbekistan.

Dijadwalkan latihan bersama secara online itu akan dimulai hari Kamis (14/5/2020).

Jika tidak ada perubahan jadwal, maka timnas u-19 akan difokuskan menghadapi event internasional tersebut.

"Anak-anak U-19 nanti akan disiapkan untuk latihan lebih kepada Home Training virtual. Sekarang mereka masih latihan mandiri di rumasing-masing. Tapi nanti mulai tanggal 14 Mei kita akan mulai latihan bersana. Latihannya dari rumah kemudian nanti dipandu dari pelatih fisik yang dari Korea. Mungkin akan menggunakan zoom untuk pemantauannya," jelasnya.

Ucok pun berharap pandemi covid-19 ini bisa segera berakhir. Sebab setelah piala asia U-19 rencananya timnas juga akan mengadakan pemusatan pelatihan (TC) berkelanjutan untuk persiapan selanjutnya piala dunia U-20.

"Doain saja mudah-mudahan virus corona bisa selesai lebih cepat. Kalau di Korea Selatan sendiri kan sudah agak dilonggarkan. Tapi kalau kita di sini tetap mengikuti apa kata Pemerintah," pungkas Ucok yang juga eks pemain dan Pelatih PSMS Medan ini.

(Can/Tri bun-medan.com)

Penulis: Chandra Simarmata
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved