Agustina Mardika Manik Mengaku Ototnya Kaku saat Lomba Jika Tak Percaya Diri

Untuk mencapai performa terbaik, Agustina Mardika Manik, lebih banyak menghabiskan waktu mengasah diri dibandingkan fokus kepada lawan.

Tribun Medan/Victory Arrival Hutauruk
Atlet atletik Asian Games 2018 Asal Sumut Agustina Manik berlatih di Wisma Malabar, Pangalengan, Bandung. 

TRIBUN-MEDAN.com - Untuk mencapai performa terbaik, pelari asal Sumatera Utara, Agustina Mardika Manik, lebih banyak menghabiskan waktu mengasah diri dibandingkan fokus kepada lawan.

Atlet peraih perak SEA Games 2019 Filipina dalam nomor 1.500 meter ini sedang menjalani latihan di Pengalengan, Bandung.

Saat ditanya siapa lawan terberatnya pada Pekan Olahraga Nasional ke-20 di Papua tahun 2021 nanti, Agustina menunjuk dirinya sendiri.

"Diri sendiri seharusnya menjadi orang pertama yang harus kita kenal sebelum kita mengenal orang lain," katanya, Senin (11/5/2020).

Baginya, lawan yang lain itu tidak dikalahkan jika mengikuti program latihan yang diberikan pelatih.

Gadis asal Kisaran ini menjelaskan mengapa seorang atlet harus lebih mengenal kemampuan diri.

"Kalau kita tidak percaya diri seperti ada beban dan jadi tidak lepas. Saya pernah tidak percaya diri. Saat latihan otot-otot tidak tegang. Tapi sewaktu lomba, otot seakan kaku. Dan setelah saya telusuri ternyata karena kurang percaya diri," terangnya.

Meskipun PON XX ditunda sampai tahun depan, gadis kelahiran 18 Januari 1995 ini tetap serius berlatih.

"Saya tetap latihan. Pagi dan sore. Kalau pagi dimulai dari pukul 6 pagi sampai pukul 9 pagi. Kalau sore, dari pukul 3 sampai pukul 5 sore," tuturnya.

Agustina mengaku tidak keberatan dengan diundurnya PON.

"Kita mengikuti apa yang diinstruksikan oleh KONI. Karena mungkin itu yang terbaik di masa pandemi ini. Bagi saya, karena saya sedang training dalam persiapan menuju PON, saya hanya bertugas untuk berlatih dan mengasah terus kemampuan saya," ujarnya. (akb)

Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved