Pelatih Cabor Panahan Sumut Sambut Baik Penundaan PON

Penundaan pelaksanaan pekan olahraga Nasional (PON) Papua direspons positif oleh pelatih cabang olahraga (cabor) Panahan Sumut, Toni Manahan Purba,

HO
Toni Manahan Purba (baju merah) saat melatih atlet panahan Rayhan beberapa waktu lalu 

Laporan Wartawan Tribun Medan Sofyan Akbar

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Penundaan pelaksanaan pekan olahraga Nasional (PON) Papua direspons positif oleh pelatih cabang olahraga (cabor) Panahan Sumut, Toni Manahan Purba, Selasa (12/5/2020).

Ia mengatakan bisa melihat kelebihan dan kekurangan atletnya sebelum benar-benar terjun bertanding di ajang empat tahun sekali.

Menurut dia, ada waktu 16 bulan lagi bagi atlet untuk terus berlatih sebelum turun bertanding di ajang PON.

"Itu makanya saya bilang ini merupakan langkah yang tepat untuk pembenahan agar atlet benar-benar yakin dalam mengikuti ajang PON nanti," ujarnya.

Mengenai target yang dikejar cabor panahan, Toni menyatakan yang penting bisa masuk final saat PON 2021 di Papua.

"Untuk fisiknya, dari Januari kemarin saat lakukan tes fisik sudah naik sekitar 20 persen. Dan sepertinya dengan waktu 16 bulan ini fisiknya bisa semakin oke. Apalagi teknik dan mental. Karena dalam 16 bulan ke depan, akan ada schedul di mana atlet akan mendapat latihan teknik dan mental sebelum bertanding," terangnya.

Ia menyatakan saat ini, atlet Panahan Muhammad Hafizh Rayhan tengah melakukan latihan mandiri di rumah dengan alat seadanya yang ia punya. "Jadi selama latihan mandiri di rumah, dia menggunakan alat panahan sendiri," ujarnya.

Jadi, akunya, dari awal Rayhan ikut dengan dirinya sudah menggunakan alat pribadi. Hal itu, dikarenakan karena belum ada alat dari KONI Sumut.

Mengenai bagaimana teknis latihannya, Toni menyatakan Rayhan di rumahnya ada jarak tiga meter dan jarak itu sudah cukup untuk latihan teknik. Namun, akunya, untuk latihan ketepatan tidak bisa. "Karena harus ada jarak minimal 5 meter," ujarnya.

(akb/tribun-medan.com)

Penulis: Sofyan akbar
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved