Kisruh Bansos Rp 600 Ribu di Sumut

Dana Bansos di Asahan Amburadul, Warga: Kades Nepotisme, Kakak, Abang dan Saudaranya Dapat Bansos

Puluhan warga dari sepuluh dusun di Desa Mekar Sari, Kecamatan Buntu Pane, Kabupaten Asahan mendatangi kantor desa terkait bansos

TRI BUN-MEDAN.com - Puluhan warga dari sepuluh dusun di Desa Mekar Sari, Kecamatan Buntu Pane, Kabupaten Asahan mendatangi kantor desa mencari keberadaan Kepala Desa, Bambang Sugianto, Rabu (13/5/2020).

Kedatangan mereka untuk menyampaikan protes mengenai pembagian dana bantuan sosial (bansos) Covid-19 dari Kementerian Sosial (Kemensos) berupa uang tunai Rp 600 per bulan selama tiga bulan yang dinilai tidak tepat sasaran.

Warga bernama Novita Sari menuding kepala desa melakukan nepotisme.

Data yang diperoleh Novita Sari memperlihatkan nama-nama penerima bansos adalah kerabat kepala desa dan masyarakat berekonomi mampu.

Warga Serbu Dinas Sosial Medan Demi Dapat Bansos Rp 600 Ribu

"Salimin abangnya kades, Tuti Rahayu kakaknya kades, adek kades bahkan tetangganya kades dan ada yang saudara kades," ucap Novita Sari di halaman Kantor Desa Mekar Sari.

Padahal, menurut Novita, ada warga Desa Mekar Sari yang lebih layak untuk menerima bantuan dari pemerintah pusat tersebut.

"Tetangga saya ada Pak. Sudah tua, ibu-ibu sudah lanjut usia, dia nggak dapat bantuan. Dia disuruh kades supaya ngurus KK, supaya dapat bantuan. Apakah seperti itu pak? Bantuan yang lain pun dia tidak dapat," ungkapnya.

Menemui warga, Sekretaris Desa (Sekdes) Mekar Sari, Evan Panjaitan, berjanji akan segera menggelar musyawarah desa dengan agenda membahas protes warga terkait pembagian bantuan sosial dari Kemensos yang dinilai tidak tepat sasaran.

Ia menyebutkan bahwa musyawarah tersebut akan mengundang masyarakat dan aparat keamanan.

"Besok (Kamis) atau lusa (Jumat) kami akan menggelar musyawarah desa. Perwakilan warga setiap dusun ada. kami akan undang juga dari polsek dan dari koramil. Akan membahas protes warga dan mencari kesimpulannya," pungas Evan Panjaitan.

(ind/tri bun-medan.com)

Penulis: Mustaqim Indra Jaya
Editor: Hendrik Naipospos
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved