Breaking News:

Ramadhan 2020

4 Tahun Jalani Ramadan di Thailand, Lukman Rindu Berbuka Kolak Pisang Khas Medan

Bagi Lukman, kolak pisang merupakan makanan khas wajib yang ia konsumsi selama bulan Ramadan.

Penulis: Kartika Sari | Editor: Juang Naibaho
HO
Lukman Harahap beserta istri saat berada di Thailand. 

BERAGAM menu berbuka menjadi incaran masyarakat jelang waktu berbuka selama Ramadan, di antaranya kolak pisang.

Makanan khas Indonesia yang mengutamakan pisang sebagai bahan utamanya ini memiliki begitu banyak peminat lantaran memiliki rasa manis. Satu di antara peminatnya adalah Lukman Adlin Harahap.

Bagi Lukman, kolak pisang merupakan makanan khas wajib yang ia konsumsi selama bulan Ramadan.

Namun, sejak akhir tahun 2016, Lukman sudah sangat jarang mengonsumsi makanan tersebut lantaran ia harus menjalani studi program doktornya di Departement of Mathematics and Computer Science, Chulalongkorn University, Thailand.

Walau sama-sama beriklim tropis, Lukman mengungkapkan bahwa makanan kolak pisang Thailand sangat berbeda dengan di Indonesia.

"Kalau berbuka itu saya senang sekali kolak pisang dan gorengan. Di Thailand keduanya tersedia, tetapi berbeda rasa dengan yang di Medan, sehingga saya lebih sering memasak sendiri menu berbuka puasa," ungkap Lukman melalui WhatsApp, Kamis (14/5/2020).

Lukman sudah menjalani Ramadan ke-empat di Negeri Gajah Putih. Bagi Lukman, walau Thailand dan Indonesia tidak terlalu memiliki jarak yang jauh, namun suasana Ramadan tidak begitu terasa di negara yang mayoritas beragama Buddha tersebut.

"Pada umumnya suasana jelas berbeda, di Thailand suara azan dan pengajian tidak mudah terdengar karena lokasi masjid disini memiliki jarak yang saling berjauhan. Hal ini yang membuat saya rindu suasana Ramadan bersama keluarga seperti berbuka dengan takjil lokal dan tarawih," ujar Lukman.

Walau Islam bukan agama mayoritas, namun penduduk lokal Thailand begitu memaknai arti toleransi. Lukman menceritakan pengalamannya saat jalani Ramadan disana.

"Warga lokal di Thailand ini sangat toleran. Beberapa rekan kerja saya di laboratorium bahkan kerap menanyakan ke saya kalau waktunya Ramadan telah tiba. Mereka begitu antusias terhadap Ramadan yang dijalani umat muslim," kata Lukman.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved