Bus AKAP di Kota Medan Belum Angkut Penumpang

Hingga saat ini bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Kota Medan belum melayani penjualan tiket penumpang

Tribun Medan/Septrina Ayu Simanjorang
Suasana di pool Bus Makmur, Kota Medan 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Hingga saat ini bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Kota Medan belum melayani penjualan tiket penumpang walau Menteri Perhubungan Budi Karya telah menyampaikan peraturan terkait pembukaan layanan seluruh moda transportasi sejak Kamis (7/5/2020).

Dari pantauan Tribun Medan di sepanjang Jalan Sisingamangaraja, loket-loket penjualan tiket tampak lenggang, malah sebagaian menutup loket.

Satu di antaranya di loket Makmur. Loket tersebut tampak sepi dan hanya tampak aktivitas para petugas di lokasi tersebut.

Petugas loket mengatakan hingga saat ini pihaknya belum ada melakukan penjualan tiket penumpang.

"Kita belum ada jual tiket penumpang sampai sekarang. Kita belum ada izin, jadi enggak beranilah. Sekarang hanya melakukan pengiriman logistik," ujarnya, Kamis (14/5/2020).

Ia mengatakan dalam sehari hanya ada tiga bus yang beroperasional. Semuanya melayani pengiriman logistik ke empat kota.

"Bus-bus ini hanya melayani pengiriman logistik. Tujuannya Perawang, Pekanbaru, Dumai, dan Kerinci," tukasnya.

Sebelumnya Ketua Organisasi Angkutan Daerah (Organda) Sumut Haposan Siallagan mengatakan adanya peraturan terbaru yang memperbolehkan moda transportasi kembali beroperasi semakin membuat bingung pengusaha transportasi khususnya bus.

"Ini bukan soal jalan atau tidaknya mobil. Tapi sekarang kita tambah binggung menyikapi aturan yang dikeluarkan pemerintah khususnya di bidang transportasi ini," katanya.

Ia mengatakan di satu sisi pihaknya diminta untuk ikut berperan dalam menekan penyebaran Covid-19, tapi di saat yang bersamaan juga diberikan ijin jalan terbatas dan tidak boleh membawa pemudik.

Halaman
12
Penulis: Septrina Ayu Simanjorang
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved