Breaking News:

Berpuasa 17 Jam di Italia, Yasmin Sempat Kurang Tidur dan Jalani Puasa Tanpa Sahur

Pada momen Ramadan tahun ini Yasmin berharap masih tetap bisa memaknainya sebagai kesempatan untuk memperbaiki diri.

Istimewa
YASMIN Mauliddina, mahasiswi S2 jurusan Management Engineering di Politecnico Milano, Milan, Italia yang saat ini tengah menjalani ibadah ramadan jauh dari kampung halamannya di Bekasi. 

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Menempuh pendidikan program master di Politecnico Milano, Milan, Italia, membuat perempuan dengan nama lengkap Yasmin Mauliddina ini menjalani ramadan dengan situasi yang berbeda.

Perbedaan waktu yang terpaut jauh antara Indonesia dan Italia, membuat Yasmin harus menjalani puasa dengan durasi yang cukup panjang yakni kurang lebih 17 jam.

Sudah hampir dua setengah tahun Yasmin tinggal di Milan.

Dikatakannya, suasana berpuasa di Milan dan Italia secara umum pun sudah tak lagi asing bagi perempuan asal Bekasi ini.

"Di Milan, tahun ini kami berpuasa kurang lebih 17 jam. Kami mulai berpuasa sekitar jam 4 pagi, dan berbuka jam 9 malam," kata Yasmin saat diwawancarai Tribun Medan melalui aplikasi whatsapp, Jumat (15/5/2020).

Suasana puasa di Milan, terang Yasmin tetap tak lepas dari kegiatan berbuka puasa bersama di masjid dan tarawih bersama.

Terdapat beberapa masjid di pusat kota yang biasa dijadikan pusat beribadah umat muslim yang ada di Milan.

"Biasanya saat ramadan di sini akan ada kegiatan buka puasa bersama baik yang diselenggarakan sekelompok orang maupun yang disediakan pihak takmir masjid, dan tarawih berjamah di masjid di Milan. Karena mayoritas penduduk di sini beragama non muslim jadi memang suasananya sedikit berbeda," katanya.

Jika kebersamaan saat sahur masih begitu terasa saat di Indonesia seperti melalui kegiatan sahur di jalan (sahur on the road) dan lainnya, di Milan terang Yasmin terasa berbeda karena kegiatan sahur biasa nya dilakukan hanya di rumah masing-masing.

"Untuk sahur, kami biasanya sahur di rumah, mungkin tidak seperti di Indonesia yang ada event sahur on the road, di sini kami melaksanakan sahur di rumah masing-masing," tambahnya.

Halaman
1234
Penulis: Rechtin Hani Ritonga
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved