Breaking News:

Ramadhan 2020

Lewati Ramadan di India, Dina Bertahan Jalani Puasa di Tengah Cuaca Panas 45 Derajat

Durasi berpuasa di India berbeda-beda tergantung dengan lokasi daerah ataupun kota. Durasi terpanjang bisa sampai 16 jam.

TRIBUN MEDAN/HO
DINA Elfipama Gustin, mahasiswi program MA jurusan TESL di English and Foreign Languages University, Hyderabad. Saat ini tengah menjalani puasa di tengah pandemi dan jauh dari rumah. 

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Menjalani puasa di negara mayoritas muslim, tentu tak ada yang menjadi masalah.

Tetapi hal ini berbeda bagi Dina, menjadi mahasiswi S2 di Hyderabad, sebuah kota di bagian tengah India memiliki kesan tersendiri baginya.

Selama hampir 2 tahun Dina tinggal di kota yang terkenal tak pernah sepi saat Ramadan ini.

Selama menjalani puasa di Hyderabad, bagi Dina pengalaman paling menguji keimanannya adalah saat harus berpuasa di tengah suhu panas yang cukup ekstrem yakni mencapai 45 derajat.

Menurutnya ada tantangan tersendiri melewati puasa dengan cuaca panas seperti itu.

"Pengalaman menarik saat Ramadan di Hyderabad ini adalah kami berpuasa pada musim panas yang sangat menguji iman. Musim panas di sini bisa sampai 45 derajat. Jadi tantangannya kami harus bertahan berpuasa di cuaca panas yang ekstrem," ungkap Dina dalam pesan tertulis saat diwawancarai Tri bun Medan melalui aplikasi whatsapp, Sabtu (16/5/2020).

Dina bercerita, suasana Ramadan di Hyderabad tak jauh berbeda dengan suasana pada hari-hari biasa.

Perbedaannya hanya di masjid-masjid tampak lebih ramai dan hangat karena dipenuhi dengan kegiatan berbuka, tarawih dan sahur bersama.

"Keseharian berpuasa di sini seperti biasa ya. Walaupun sebagian besar penduduk Hyderabad Muslim, tapi kesehariannya tidak banyak berubah, kerja-kerja kantor tetap seperti biasa,  restoran-restoran juga tetap buka," katanya.

Dijelaskan Dina, waktu berpuasa di Hyderabad sekitar 14 jam.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved