Pelaksanaan PON Ditunda, Atlet Wushu Sanda Fokus Fisik dan Pertahanan

Para atlet yang latihan di Yayasan Kusuma Wushu Indonesia (YKWI) dianjurkan untuk latihan mandiri di rumah masing-masing.

TRIBUN MEDAN/SOFYAN AKBAR
PELATIH wushu sanda, Neri (kiri) saat memberikan arahan kepada atlet wushu sanda di Yayasan Kusuma Wushu Indonesia (YKWI) beberapa waktu lalau sebelum pandemi Corona. 

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Penundaan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) membuat pelatih wushu sanda Neri Agus Manullang mengharuskan atlet fokus melakukan latihan fisik dan pertahanan serta kekuatan.

"Sampai sekarang  di masa pandemi atlet diwajibkan agar mereka latihan di rumah masing-masing," katanya, Sabtu (16/5/2020).

Namun, katanya, dirinya tetap memberikan program banyak main di fisik untuk kekuatan dan daya tahan.

"Kita juga harus mengganti program karena PON diundur. Makanya untuk saat ini, kita fokus kelatihan fisik dan kekuatan," ujarnya.

Terkait penundaan PON, Neri Agus mengaku penundaan ini bukan karena satu kesalahan seperti kesalahan teknik.

Melainkan karena memang pandemi Corona dan ini merupakan masalah dunia.

"Penundaan ini karena pandemi Corona, kalau enggak kan tidak ditunda," katanya.

Jadi, kata Neri, dirinya memberikan program latihan kepada atlet Wushu sanda melalui video call dan mereka para atlet wushu sanda melakukan latihan mandiri di rumah sesuai program yang sudah ia berikan.

"Memang sebenarnya hal ini dipastikan kurang maksimal, namun karena pemerintah mengharuskan agar tetap stay at home dan work from home makanya kita memberikan mereka arahan dengan cara video call," terangnya.

Pengprov Wushu Sumut Tunggu Instruksi KONI Terkait Penundaan PON 2020 Papua

Mengenai sudah sampai mana persiapan atlet wushu sanda, Neri menyatakan begitu ada pemberitahuan pengunduran ajang empat tahun sekali ini jadi Oktober 2021.

Para atlet yang latihan di Yayasan Kusuma Wushu Indonesia (YKWI) dianjurkan untuk latihan mandiri di rumah masing-masing.

"Namun yang kita khawatirkan, alat dan teman sparing pasti tidak ada ketika para atlet melakukan latihan mandiri di rumah," ujarnya.(akb/tri bun-medan.com)

Penulis: Sofyan akbar
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved