Breaking News:

Stok Darah Selama Pandemi Berkurang, BKM Al Ishlah Gelar Aksi Donor Darah Bersama PMI

Kegiatan donor darah ini bertujuan untuk membantu memenuhi stok kantong darah PMI yang semakin menipis di masa pandemi ini.

TRIBUN MEDAN/RECHTIN
KEGIATAN donor darah yang dilakukan oleh BKM Masjid Al Ishlah Medan bekerjasama dengan PMI Medan, di halaman masjid Al Ishlah, Jumat (15/5/2020) malam. 

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Badan Kenaziran Masjid (BKM) Al Ishlah mengadakan kegiatan donor darah yang bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Medan pada Jumat (15/5/2020) malam seusai salat tarawih di halaman masjid Al Ishlah Jalan Kapten Muslim Medan.

Kegiatan donor darah ini merupakan sesi ke dua ini setelah yang pertama dilakukan satu minggu yang lalu.

Ketua BKM Masjid Al ishlah, Muhammad Ridwan mengatakan, kegiatan donor darah ini bertujuan untuk membantu memenuhi stok kantong darah PMI yang semakin menipis di masa pandemi ini.

"Kegiatan ini kami lakukan untuk membantu menambah stok kantong darah PMI di mana di masa pandemi ini sudah jarang dilakukan kegiatan donor darah sehingga stok mereka pun menipis," ujar Ridwan kepada Tribun Medan, Jumat (15/5/2020).

Dijelaskan Ridwan, pada kegiatan donor darah yang pertama, terkumpul sebanyak 24 kantong darah. Pendonor berasal dari unsur pengurus masjid, remaja masjid Al Ishlah, maupun warga sekitar.

Ia mengatakan hal ini merupakan wujud untuk tetap berbuat baik meskipun di tengah pandemi corona.

"Ini merupakan kegiatan donor darah yang ke dua selama bulan Ramadan ini. Yang pertama kita sudah lakukan tanggal 6 Mei lalu di mana terkumpul sebanyak 24 kantong darah, malam ini ditargetkan minimal ada 20 kantong darah yang bisa kita donorkan," tambahnya.

Warga sekitar tampak hadir di halaman masjid dan mengantre di tempat duduk yang sudah disediakan pihak Nazir masjid. Jarak duduk mereka juga dibatasi demi mematuhi protokol kesehatan.

Tak sedikit pula warga yang lewat dan singgah sebentar untuk mendonorkan darahnya, beberapa remaja masjid juga tampak hadir di lokasi donor.

Cemilan yang disiapkan pengurus masjid juga terletak di meja sebagai asupan untuk para pendonor.

Ridwan mengatakan sebelumnya pihak BKM Masjid Al Ishlah juga sering melakukan kegiatan donor sebagai satu dari beberapa kegiatan yang dimiliki BKM.

Ia berharap masyarakat lainnya baik jamaah masjid Al Ishlah, warga sekitar, atau masyarakat secara umum mau bersedia mendonorkan darahnya untuk sama-sama menjaga kesehatan selama pandemi juga membantu pihak yang membutuhkan.

"Kepada masyarakat saya mengajak untuk mari sama-sama menyediakan kantong darah untuk kota Medan di pandemi ini karena sedikit sekali yang mau mendonorkan darah. Yang ingin mendonorkan darah bisa singgah di masjid Al Ishlah dan sama-sama membantu ketersediaan kantong darah yang dimiliki PMI," pungkasnya. (cr14/tri bun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved