Breaking News:

Stok Kantong Darah Menipis hingga Kurang dari 200 Kantong, PMI Medan Buka 24 jam untuk Pendonor

Jumlah aman kantong darah yang seharusnya dimiliki PMI saat ramadan dan menjelang Lebaran sangat jauh dari jumlah yang seharusnya.

TRIBUN MEDAN/RECHTIN
KEGIATAN donor darah yang dilakukan oleh BKM Masjid Al Ishlah bersama PMI Medan, di Masjid Al Ishlah Jalan Kapten Muslim Medan, Jumat (15/5/2020) malam. 

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Stok kantong darah Palang Merah Indonesia (PMI) Medan di masa pandemi turun drastis.

Pasalnya, tidak diperbolehkan nya kegiatan-kegiatan yang memancing keramaian menjadikan kegiatan kerjasama donor darah yang sudah direncanakan juga harus dibatalkan.

Hal ini menjadikan jumlah aman kantong darah yang seharusnya dimiliki PMI saat ramadan dan menjelang Lebaran sangat jauh dari jumlah yang seharusnya.

"Memang persediaan kantong darah kita menipis, sejak Maret kemarin tepatnya saat diumumkan kasus pandemi covid-19 di Medan menjadikan kegiatan-kegiatan yang sudah kita rencana kan harus batal. Biasanya pernah satu hari saja kita bisa dapatkan hampir 500 kantong, belum lagi ditambah acara-acara donor di luar," kata dr Eka Safrida, Humas dan Pelayanan Unit Donor Darah PMI Medan, Sabtu (16/5/2020).

Eka mengatakan bahwa jika biasanya dari acara-acara donor per satu minggu biasanya bisa menghasilkan sampai 2000 kantong darah. Saat ini jumlah kantong darah PMI hanya kurang dari 200 kantong.

"Makanya sekarang kita melakukan sistem jemput bola. Sebenarnya sebelumnya juga sudah dilakukan tapi sekarang batasannya kita kurangi, jika dulu minimal 30 orang baru bisa kita datang dan fasilitasi kegiatan donor nya, sekarang hanya 5 orang saja sudah bisa menghubungi PMI agar kita datang dan melakukan donor darahnya," tuturnya.

Prihatin Jumlah Pendonor Sedikit Selama Pandemi, BKM Al Ishlah Adakan Aksi Donor Darah Bersama PMI

Dijelaskan Eka, jumlah aman kantong darah yang seharusnya dimiliki PMI Medan saat ramadan dan menjelang lebaran adalah sebanyak kisaran 2000 sampai 3000 kantong.

Karena jumlah yang menurun sangat signifikan ini, PMI mengajak masyarakat untuk bersedia mendonorkan darahnya. Bagi yang dalam kondisi sehat, tidak sakit, dan tidak habis bepergian ke luar kota.

"Kita buka 24 jam setiap hari, hari libur pun buka. Jadi bagi yang mau mendonorkan darah bisa langsung datang ke Unit Donor Darah PMI Medan," tuturnya.

Atau bagi yang ingin mendonorkan darah dari rumah juga bisa menghubungi nomor telepon 08116801777 dengan jumlah pendonor minimal 5 orang.

Karena stok menipis, dalam memenuhi permintaan pasien yang membutuhkan darah PMI kini menerapkan sistem donor pengganti.

"Kalau permintaannya lebih dari satu kantong harus ada donor penggantinya. Jadi misalnya kita berikan tiga kantong, pihak keluarga pasien harus mengganti sebanyak dua kantong darah," katanya.

Sementara itu kegiatan-kegiatan donor sukarela masih dilakukan PMI dengan bekerjasama dengan berbagai pihak.

Seperti tadi malam Jumat (15/5/2020) PMI memfasilitasi kegiatan donor darah yang dilakukan BKM Masjid Al Ishlah Medan. (cr14/tri bun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved