Breaking News:

Ramadhan 2020

Jalani Enam Tahun Ramadan di Jerman, Arif Rindu Suasana Malam Takbiran di Kampung Halaman

Arif mengaku selalu mendatangi masjid terdekat di Munich untuk ikut mendengarkan suara takbir serta mendekorasi masjid jelang ibadah Salat Ied.

Penulis: Rechtin Hani Ritonga | Editor: Truly Okto Hasudungan Purba

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Suasana menjelang Lebaran akrab sekali dengan momen takbir bersama di masjid-masjid maupun pawai lilin yang dilakukan di sejumlah daerah di Indonesia.

Tak hanya itu, berkumpulnya sanak saudara di rumah-rumah umat muslim di Indonesia memiliki kesan kehangatan tersendiri.

Hal ini yang sangat dirindukan Arif, mahasiswa asal Banjar, Jawa Barat yang saat ini tengah menjalani studinya di Munich Jerman.

Untuk mengobati rasa rindu tersebut, Arif mengaku selalu mendatangi masjid terdekat di Munich untuk ikut mendengarkan suara takbir serta mendekorasi masjid jelang ibadah Salat Ied.

"Kalau di Indonesia itu kan pas malam Lebaran itu pasti terdengar takbir di mana-mana, di Munich enggak sebebas itu untuk bisa memperdengarkan suara speaker masjid. Jadi biasanya untuk mengobati rasa rindu kampung halaman setiap malam takbir kita mendekor masjid di mana sekaligus untuk persiapan Salat Ied esok harinya," ujar Arif ketika diwawancarai Tri bun Medan melalui pesan suara di aplikasi WhatsApp, Senin (18/5/2020).

Datang ke masjid saat satu hari menjelang Lebaran, terang Arif dapat mengobati rasa rindunya merasakan momen berbuka puasa terakhir di Ramadan.

Sekaligus berkumpul dengan umat muslim Indonesia lainnya yang ada di Munich.

"Ke masjid pas satu hari menjelang lebaran supaya bisa merasakan takbiran seperti warga Indonesia yang lainnya, buka bersama yang terakhir bareng mereka jadi terobati lah rasa rindu tersebut," tambahnya.

Lelaki dengan nama lengkap Arif Taufiqudin ini mengatakan saat ini di Munich sedang memasuki musim semi.

Di mana waktu berpuasa rata-rata berkisar 17 jam dengan waktu imsak pada pukul 4 pagi dan berbuka pukul 9 malam.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved