Mudahkan Tenaga Medis dalam Bertugas, Siswa-Siswi di Medan Buat Perangkat Inovasi UV Disinfection

Beberapa peralatan yang digunakan, merupakan peralatan yang sederhana, hanya ada tambahan menggunakan bit mikro.

TRIBUN MEDAN/HO
SEJUMLAH siswa-siswi yang mengikuti Hackathon dalam pelatihan microbit sistem di Medan beberapa waktu lalu. 

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Sejumlah siswa-siswi di Medan membuat inovasi digital berupa perangkat yang bisa membantu tim medis dalam sterilisasi Alat Pelindung Diri (APD).

Perangkat ini berupa kotak yang memungkinkan para tenaga medis untuk memastikan APD nya sudah aman untuk dilepaskan.

Ide ini mereka salurkan dalam rangka mengikuti kurasi dari tagar Retas dari Rumah yang merupakan event Hackathon tahun ini.

"Sebenarnya awalnya karena melihat tenaga medis itu perjuangan nya besar sekali. Jadi kita berpikir bagaimana caranya bisa membantu mereka dengan yang kita bisa," ujar Oxford Kenzie Lee, satu dari enam orang anggota tim yang memiliki ide UV Disifection, Senin (18/5/2020).

Siswa sekolah SIS Medan ini mengatakan bahwa dirinya bersama teman-temannya merancang UV Disinfection ini untuk mempermudah tenaga medis dalam sterilisasi APD.

"Dengan waktu sterilisasi yang lebih cepat bisa meminimalisir terpaparnya tenaga medis dengan virus covid-19," ungkap Kenzie.

Terpisah, seorang anggota tim lainnya, Trisia Jasmine menjelaskan cara menggunakan UV Disinfection yang mereka buat. UV Disinfection ini juga telah lolos kurasi Hackathon pada 16 Mei 2020 lalu.

"Ketika pintu ditutup, sakelar otomatis akan menyala yang menyebabkan lampu UVC menyala. Namun kita harus mengaktifkan timer yang ada secara manual. Cahaya UV akan mengganggu proses seluler dari semua bakteri yang ada dan karenanya secara perlahan akan membunuh sel," kata siswi homeschooling ini.

"Setelah 15 menit, bit mikro mulai berdering memperingatkan dokter untuk melepaskan APD nya. Pintu kemudian terbuka dan sakelar akan dimatikan secara otomatis, mematikan lampu UV," sambungnya.

Beberapa peralatan yang digunakan, terang Trisia merupakan peralatan yang sederhana, hanya ada tambahan menggunakan bit mikro.

Solusi Kreatif, Siswa-Siswi di Medan Ini Buat Inovasi Perangkat Keras Bantu Penanganan Covid-19

Halaman
12
Penulis: Rechtin Hani Ritonga
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved