Sempat Anjlok, Kini Harga Ayam Melonjak Capai Rp 34 Ribu Per Kg

Sempat menyentuh angka Rp15 ribu per kg, kini harga ayam dibanderol hingga Rp 34 ribu di Pasar Petisah Kota Medan.

Tribun Medan / Ryan
Pembeli daging ayam di Pasar Sukaramai Medan, Jumat (16/9/2016). 

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Sempat menyentuh angka Rp15 ribu per kg, kini harga ayam dibanderol hingga Rp 34 ribu di Pasar Petisah Kota Medan.

Salah satu pedagang ayam di Pasar Petisah Kota Medan, Aris mengatakan saat ini ia menjual satu kilogram ayam senilai Rp 34 ribu. Diakuinya, harga ayam sempat anjlok diharga Rp15 ribu.

"Sebelum puasa harga ayam sempat Rp15 ribu, lalu naik jadi Rp 18 ribu, Rp 20 ribu dan paling terasa naiknya Jumat lalu diharga Rp32 ribu dan hari ini ayam diharga Rp34 ribu per kg," ujar Aris di Pasar Petisah Medan, Senin (18/5).

Ia mengatakan dalam satu hari ini saja stok daging ayam yang dijualnya sebanyak 50 kg dan sudah laku terjual.

Kata Aris, harga ayam kemungkinan akan naik lagi sebab sudah mendekati Idul Fitri 1441 Hijriah. "Ya mungkin, harga ayam ini bisa mencapai Rp 37 ribu per kg," ungkapnya.

Selain itu, pedagang ayam lainnya Jordi mengatakan harga ayam yang dijualnya dibanderol Rp 33 ribu per kg. Kenaikan harga ayam ini sudah berlangsung selama tiga hari.

"Stok yang kita sediakan 200 kg, ada wabah Corona permintaan lebih sedikit bila dibandingkan tahun lalu saat Ramadan ini," ucap Jordi.

Diakuinya, tahun lalu saat jelang Idul Fitri harga ayam juga mengalami kenaikan.

Ia pun memprediksi harga ayam akan naik kembali senilai Rp38 ribu hingga Rp40 ribu. "Kemungkinan bisa naik lagi," ucapnya.

Sementara itu, pedagang lainnya, Yanti mengatakan harga ayam diharga Rp33 ribu.

Dijelaskannya, harga daging ayam pada April 2020 sempat anjlok diharga Rp15 ribu, memasuki Mei bergerak naik, dan pada pertengahan bulan ini mencapai Rp33 ribu perkg.

(nat/tribun-medan.com)

Penulis: Natalin Sinaga
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved