Virus Corona

Terungkap di Rapat Terbatas, Jokowi Sebut Kunci Pengendalian Corona Kini Ada di RT/RW dan Desa Adat

kunci pengendalian penyebaran Virus Corona itu justru ada di tangan pengurus RT dan RW atau gugus tugas di tingkat RT dan RW serta desa-desa adat.

Twitter @MataNajwa
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, kunci pengendalian Covid-19 ada di tingkat RT/RW. 

TRI BUN-MEDAN.com -  Jumlah kasus Virus Corona atau Covid-19 di Indonesia masih terus bertambah meski telah diberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Hingga Senin (18/5/2020), kasus Virus Corona di Indonesia tercatat 17.514 kasus.

Dari jumlah itu, pasien Covid-19 di Indonesia meninggal dunia tercatat 1.148 orang (6 persen) dan 4.129 orang (23 persen) dinyatakan sembuh.

Masih terus meningkatnya jumlah kasus Virus Corona ini menimbulkan pertanyaan apakah PSBB efektif menekan penyebaran Virus Corona.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi kini mengatakan, kunci pengendalian penyebaran Virus Corona itu justru ada di tangan pengurus RT dan RW atau gugus tugas di tingkat RT dan RW serta desa-desa adat.

Presiden Jokowi dalam Live Keterangan Pers Presiden RI, Istana Bogor, 31 Maret 2020 yang disiarkan langsung dari kanal Youtube Sekretariat Presiden.
Presiden Jokowi dalam Live Keterangan Pers Presiden RI, Istana Bogor, 31 Maret 2020 yang disiarkan langsung dari kanal Youtube Sekretariat Presiden. (Sekretariat Presiden)

Menurut Jokowi, unit masyarakat paling bawah ini adalah yang paling efektif untuk menekan agar penyebaran virus corona tak semakin luas.

Hal itu diketahui Jokowi berdasarkan laporan para gubernur.

"Laporan yang saya terima dari para gubernur baik yang menerapkan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) maupun yang tidak, kesimpulannya yang paling efektif dalam pengendalian penyebaran Covid-19 ini adalah unit masyarakat yang paling bawah," ujar Jokowi saat membuka rapat terbatas lewat video conference, Senin (18/5/2020).

Untuk itu, Jokowi meminta agar seluruh kepala deerah memperkuat gugus tugas yang berada di tingkat RT/RW untuk mengendalikan penyebaran virus corona.

Ia mencontohkan Pemerintah Provinsi Bali yang dinilai berhasil mengendalikan virus corona lewat desa adat.

Halaman
1234
Editor: Azis Husein Hasibuan
Sumber: Warta kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved