Breaking News:

BLT Dana Desa Rp 600 Ribu Cair, Warga Desa Bintang Jadi yang Pertama Dapat di Dairi

Sebanyak 164 warga Desa Bintang, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi, berbondong-bondong mendatangi kantor kades mereka, Selasa (19/5/2020) sore.

TRIBUN MEDAN / DOHU LASE
Bupati Dairi, Eddy Berutu (tengah) dan Camat Sidikalang, Robot Simanullang (kanan) menghadiri penyaluran BLT Dana Desa di Desa Bintang, Selasa (19/5/2020). Desa tersebut berhasil menjadi desa pertama di Kabupaten Dairi yang sudah bisa menyalurkan BLT. 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Dohu Lase

TRI BUN-MEDAN.COM, DAIRI - Sebanyak 164 warga Desa Bintang, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi, berbondong-bondong mendatangi kantor kades mereka, Selasa (19/5/2020) sore.

Mereka hendak mengambil uang Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp 600 ribu, yang bersumber dari Dana Desa mereka.

Desa Bintang sukses merampungkan realokasi APBDes dan pendataan penerima BLT, sehingga menjadi desa pertama dari 161 desa di Dairi yang sudah bisa menyalurkan BLT kepada warganya.

Bupati Dairi, Eddy Berutu mendatangi Desa Bintang hari itu untuk tampil dan memulai langsung proses pembagian BLT kepada warga.

"Sudah siap terima BLT?" seloroh Eddy kepada para warga sesaat tiba di lokasi.

Saat menyalurkan secara simbolis BLT kepada seorang nenek-nenek, warga Desa Bintang, Eddy mengimbau seluruh penerima BLT untuk memakai uang BLT untuk pemenuhan kebutuhan pokok saja.

"Gunakanlah BLT ini untuk memenuhi kebutuhan pokok dan tak ada salahnya berbagi dengan saudara-saudara yang membutuhkan, yang kebetulan tidak kebagian bantuan karena sesuatu hal. Di momen seperti saat ini, kita harus bersatu," kata Eddy.

Eddy mengapresiasi kinerja Kades Bintang, yang mampu mengebut penyiapan segala administrasi terkait syarat-syarat untuk dapat menyalurkan BLT. Ia berharap, desa-desa lain mencontoh.

"Kita di Pemkab bekerja siang-malam menyiapkan BLT ini. Kelihatannya aja sederhana, cuma membagi uang, tetapi sesungguhnya rumit. Jadi, apresiasi untuk Desa Bintang, karena mampu mengebut proses ini," ujar Eddy mengakhiri.

Sebelumnya, Kades Bintang, Aladin Sinaga, dalam pidatonya melaporkan, anggaran untuk BLT menyerap sekitar 30 persen Dana Desa mereka.

Sementara itu, Plt Kadis Pemdes, Junihardi Siregar mengatakan, pihaknya tengah melayani proses administrasi 66 desa lagi. Diupayakan, warga 66 desa itu akan menerima BLT dalam waktu dekat.

Setelah Desa Bintang, desa kedua yang menyalurkan BLT adalah Desa Kalang Simbara, Kecamatan Sidikalang.

(cr16/tri bun-medan.com)

Penulis: Dohu Lase
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved