Update Covid19 Sumut 19 Mei 2020

Nasib Brastagi Supermarket, Akan Ditutup Sementara? Ini Penjelasan Pejabat Dinas Kesehatan Medan

Pemko Medan mempertimbangkan untuk menutup sementara Brastagi Supermarket di Jalan Gatot Subroto Medan

TRI BUN MEDAN/Victory Arrival
Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan, Edwin Effendi 

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Pemko Medan mempertimbangkan untuk menutup sementara Brastagi Supermarket di Jalan Gatot Subroto Medan tergantung hasil rapid test kepada karyawan.

Saat ini sedang berlangsung, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Medan melakukan rapid test kepada seluruh pegawai Brastagi Supermarket.

Amatan Tribun, sejak pukul 09.15 WIB satu persatu pegawai masuk bergantian ke dalam gudang yang berada di Jalan Panci, Medan Petisah untuk dilakukan rapid test.

Terlihat para pegawai harus mengenakan masker terlebih dahulu mencuci tangan dan kemudian diambil darahnya untuk ditest oleh petugas Dinas Kesehatan yang berpakaian APD Lengkap.

Melalui, Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan, Edwin Effendi menjelaskan terkait kemungkinan penutupan sementara Brastagi Supermarket tergantung hasil rapid test karyawan.

"Itu nanti kita lihat hasil ini, kalau banyak paparan dan resiko penularannya itu betul-betul riskan kita lakukan (penutupan)," tuturnya saat memantau jalannya rapid test di Gudang Brastagi Supermarket, Senin (19/5/2020).

Edwin menjelaskan hasil rapid test tersebut bisa menjadi pertimbangan untuk menutup sementara.

"Itu nanti kita lihat sejauh mana besar yang tertular dan terpapar kemudian nanti kita pertimbangkan untuk ditutup," jelasnya.

Edwin menyebutkan update terbaru total pegawai yang dilakukan rapid test sejumlah 130 orang.

"Ada 130 pegawai, itu nanti kita lihat perkembangan bila diperlukan kita akan periksakan lagi nanti," ungkapnya.

Edwin menjelaskan bahwa rapid test ini dilakukan untuk menelusuri kontak erat satu pegawai Brastagi Supermarket yang dinyatakan Swab.

"Jadi ini ada kasus yang dari keluhan awal dilakukan pemeriksaan hingga dilakukan swab ada pegawai yang Covid19 positif. Atas dasar itu, kita harus melakukan tracing melacak semua kawan-kawannya yang kontak erat dengan kasus positif tadi. Atas dasar itu kita lakukan pelacakan untuk semua yang berhubungan dengan yang bersangkutan. Baik di tempat tinggalnya atau di tempat kerjanya," tutur Edwin.

1 Orang Positif Covid-19, 130 Pegawai Brastagi Supermarket Rapid Test, Tracing ke Tempat Tinggal

Ia menyebutkan apabila nantinya ada karyawan yang hasil rapid testnya positif akan dilakukan pemeriksaan swab PCR.

"Rapid ini masih pemeriksaan awal adanya paparan virus. Nanti kalau ada yang positif langsung kita lakukan pemeriksaan swab," tuturnya

Sebelumnya ,Camat Medan Petisah Agha Novrian menyebutkan rapid test kepada karyawan Brastagi Supermarket dilakukan petugas Puskesmas Rantang.

"Pagi ini dilakukan rapid test bagi pegawai Brastagi Supermarket, hari ini kita hadir bersama-sama dilakukan petugas Puskesmas Rantang dan Dinas Kesehatan Kota Medan," tuturnya.

Ia juga membenarkan setelah dilakukan rapid test kepada pegawai, rapid test juga akan dlakukan di tempat tinggal/kost pegawai yang hasil swabnya positif.

HOAKS 1 Pegawai Brastagi Supermarket Meninggal, 130 Orang Jalani Rapid Test Covid19

"Infonya setelah ini langsung bergerak ke kost-kostan tempat pekerja itu berada atau tinggal," pungkasnya.

(vic/tri bunmedan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved