Breaking News:

Jalani Ramadan Pertama di Irlandia, Riva: Ini Puasa Terlama yang Pernah Saya Jalani

Tahun ini juga sekaligus menjadi Ramadan pertama yang dilalui Riva Amelia, mahasiswi asal Indonesia, di negara empat musim itu.

Dokumentasi Pribadi
Riva Amelia, mahasiswi asal Indonesia program MA jurusan Ethnochoreology di Irish World Academy, University of Limerick, Irlandia 

MESKI bukan merupakan pengalaman merantau pertamanya, berada di Irlandia selama kurang lebih sembilan bulan menjadi pengalaman merantau paling lama dan dengan jarak yang paling jauh bagi Riva Amelia, mahasiswi asal Indonesia.

Perempuan yang memiliki ketertarikan terhadap bidang seni tari ini mengatakan, tahun ini juga sekaligus menjadi Ramadan pertama yang dilaluinya di negara empat musim itu.

"Yang berbeda puasa tahun ini adalah jauh dari keluarga. Puasa terlama yang pernah saya jalani, sekaligus paling mandiri karena apa-apa menyiapkan sendiri.

Puasa terdingin juga karena cuaca di Irlandia yang cenderung selalu dingin meskipun untungnya ini musim semi sehingga tidak sedingin biasanya," ungkap Riva saat diwawancarai Tribun Medan melalui aplikasi WhatsApp, Rabu (20/5/2020).

Tinggal di Irlandia adalah untuk ketiga kalinya Riva merantau meninggalkan rumah dan jauh dari keluarga.

Sebelumnya pada tahun 2015 ia melakukan study exchange ke Thammasat University di Thailand.

Lalu pada tahun 2019 menjadi penari di sebuah festival di Taiwan dan pada akhir Agustus 2019 Riva berangkat ke University of Limerick Irlandia untuk menempuh pendidikan S2.

"Merantau kali ini adalah yang terjauh dan terlama," kata mahasiswi S2 jurusan Ethnochoreology ini.

Riva menceritakan pengalaman berpuasanya di negeri orang. Selama tinggal di Irlandia, ia mengaku belum pernah sekalipun pergi ke masjid.

Karena masjid terdekat berada di pusat kota yang berjarak lumayan jauh dari tempat tinggal dan kampus tempat Riva berkuliah.

Halaman
1234
Penulis: Rechtin Hani Ritonga
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved