Lapas Tutup Kunjungan Idul Fitri, tapi Keluarga Napi Boleh Titip Baju atau Makanan Lebaran

Meski begitu, pihak Lapas mempersilakan bagi keluarga para narapidana yang ingin mengantarkan baju atau makanan lebaran.

TRIBUN MEDAN/ALIF ALQADRI HARAHAP
Haposan Silalahi, Kepala Lapas Klas II B Pancurbatu 

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Lembaga Pemasyaraktan (Lapas) Klas I A Tanjunggusta Medan dan Lapas klas II B Pancurbatu kompak menutup kunjungan Hari Raya Idul Fitri 1441 H bagi keluarga warga binaan.

Penutupan itu sesuai surat edaran Dirjen Pemasyarakatan. Meski begitu, pihak Lapas mempersilakan bagi keluarga para narapidana yang ingin mengantarkan baju atau makanan lebaran.

Hal tersebut diucapkan oleh Kalapas Pancurbatu Haposan Silalahi dan Kepala Pengamanan Lapas (KPLP) Tanjunggusta Medan Lamrata Surbakti.

"Sesuai edaran Dirjen Pas, kita meniadakan kunjungan lebaran tahun ini," ujar Haposan kepada Tribun Medan, Kamis (21/5/2020).

Menurut dia, isi dari surat edaran tersebut adalah tidak membuat perkumpulan atau penumpukan orang yang berpotensi menularkan wabah covid-19.

"Maka dari itu, kami mohon maaf kepada keluarga warga binaan yang hendak berkunjung, untuk (lebaran) tahun ini ditiadakan," ujarnya.

Namun, Lapas Pancurbatu mempersilakan pihak keluarga untuk memberikan makanan ataupun baju lebaran.

"Tapi kami tidak menutup untuk keluarga yang ingin mengantarkan makanan ataupun baju baru untuk wargabinaan," jelasnya.

Hal serupa diucapkan oleh Lamrata Surbakti.

Menurutnya, Lapas untuk sementara harus disterilkan dari pengunjung, sebab dikhawatirkan penyebaran covid-19 dapat menjangkit warga binaan.

"Untuk sementara waktu ini, kita masih menutup kunjungan terhadap wargabinaan yang ada di Lapas Tanjunggusta, termasuk momen lebaran ini," katanya.

"Warga binaan belum dapat dikunjungi karena mengingat wabah covid-19 yang masih belum tahu kapan akan berakhirnya," jelasnya lagi.

(cr2/TRI BUN-MEDAN.com)

Penulis: Alif Al Qadri Harahap
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved