Breaking News:

Tahun Ini Tak Ada Salat Id di Lapangan Adam Malik Pematangsiantar

Forkopimda Pematangsiantar menyepakati untuk tak menyelenggarakan salat id di Lapangan Adam Malik, Pematangsiantar dalam menyambut Idul Fitri 1441 H

Tribun-Medan.com/Alija Magribi
Rapat kesepakatan tak menggelar Salat Id di lapangan terbuka yang dihasilkan oleh Forkopimda Kota Pematangsiantar 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Alija Magribi

TRI BUN-MEDAN.com, PEMATANGSIANTAR - Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pematangsiantar menyepakati untuk tak menyelenggarakan salat id di Lapangan Adam Malik, Pematangsiantar dalam menyambut Idul Fitri 1441 Hijriah yang diperkirakan jatuh pada Sabtu, 23 Mei 2020.

Adapun penyebabnya adalah Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang mengancam jemaah dalam keramaian.

Keputusan itu juga mempertimbangkan penyebaran Covid-19 di Kota Pematangsiantar yang terus meningkat.

Wali Kota Pematangsiantar Hefriansyah mengatakan, keputusan tersebut merupakan kesepakatan bersama antara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pematangsiantar bersama Forkopimda, MUI, PHBI, Dewan Masjid Indonesia, BKPRMI, dan PD Muhammadiyah.

"Semua ini kita lakukan untuk kemaslahatan dan keselamatan warga masyarakat Kota Pematangsiantar, mengingat penyebaran Covid-19 masih terjadi di daerah yang kita cintai ini, Kota Pematangsiantar," katanya.

Unsur Forkopimda meminta masyarakat dapat memaklumi situasi dan kondisi saat ini, yang mana seluruh pihak sedang bekerja keras untuk meredam penyebaran Covid-19.

Kesepakatan tersebut ditandangani Wali Kota Pematangsiantar Hefriansyah dengan semua pihak pada Selasa (19/8/2020) lalu.

Turut hadir Ketua MUI HM Ali Lubis, Kapolres Pematangsiantar diwakili Kasat Intel, Ketua PHBI sekaligus Ketua Dewan Masjid Indonesia Natsir Armaya Siregar, Ketua BKPRMI Faidil Siregar, PD Muhammadiyah Fakharuddin Sagala, Kepala Badan Kesbangpol Sofie Saragih, dan Kadis Kesehatan dr Ronald Saragih.

Selain menginstruksikan untuk tak menggelar ibadah salat id di Lapangan Adam Malik, Forkopimda juga tak mengizinkan ibadah serupa dilaksanakan di lapangan terbuka lainnya yang rutin melaksanakan setiap tahun, seperti Lapangan Farel Pasaribu (Lapangan Horbo), dan Lapangan SMA Negeri 4 Pematangsiantar

Namun demikian, Salat Id tetap bisa dilaksanakan di rumah ibadah dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

Data Covid-19 di Siantar per Rabu (20/5/2020) malam, tercatat 11 Orang Tanpa Gejala (OTG), 8 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang dirawat, dan ditemukan 7 positif Covid-19.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pematangsiantar juga mencatat adanya 3 orang meninggal berstatus PDP.

(tri bun-medan.com/Alija Magribi)

Penulis: Alija Magribi
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved