Dosen USU Ciptakan Masker Berkalsium, Sebut Bisa Mencegah Virus Corona

Dosen sekaligus peneliti dari Universitas Sumatera Utara (USU) Muhammad Sontang Sihotang kembali menambah koleksi penemuannya.

TRIBUN MEDAN/HO
Peluncuran sekaligus pembagian Masker Berkalsium Anti Virus Corona kepada BKM dan jamaah Masjid Silaturrahim Jalan Bromo, Medan. 

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Dosen sekaligus peneliti dari Universitas Sumatera Utara (USU) Muhammad Sontang Sihotang kembali menambah koleksi penemuannya.

Kali ini, owner UMKM My uSu tersebut meluncurkan sebuah produk yang menjadi kebutuhan wajib bagi warga Medan di tengah pandemi Covid-19, yakni masker.

Namun masker yang ia ciptakan berbeda dengan masker yang kerap kita jumpai di pasaran.

Sontang memberi nama, Masker BerKalsium (Adsorben) Anti Covid-19.

Ia menjelaskan bahwa keunggulan temuannya ini adalah masker telah direndam dengan Air Ion Kalsium Hangat.

Penggunaan masker kain yang direndam dengan air hangat berkalsium kemudian diperas atau disemprot dengan air ion kalsium organik.

"Selain menyejukkan udara yang dihirup, juga dapat mencegah virus-virus yang masuk ke tenggorokan, termasuk menghambat masuknya virus corona ke dalam tubuh khususnya ke dalam saluran pernafasan.

Sehingga organ paru-paru kita kinerjanya menjadi lebih baik karena fleksibilitas pergerakan sistem fisiologi paru-paru menjadi lebih dinamis," katanya.

Ia mengatakan air ion kalsium organik ini ditemukan Sontang dan Dara Aisyah yang juga merupakan dosen dari USU saat mereka berada di Malaysia.

"Kalsium organik yang bahan dasarnya dari tulang ikan yang merupakan hasil proses di komunitas pesisir, selanjutnya diaplikasikan menjadi air ion kalsium organik.

Halaman
12
Penulis: Gita Nadia Putri br Tarigan
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved