Pemko Medan Tiadakan Salat Id di Lapangan Merdeka, Ini Kata MUI

Pemerintah Kota (Pemko) Medan meniadakan salat Idul Fitri di Lapangan Merdeka

TRIBUN MEDAN/HO
Ketua MUI Kota Medan Prof Dr. Mohammad Hatta (kiri) bersama Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution. 

Laporan Wartawan Tri bun-Medan.com/Liska Rahayu

TRI BUN-MEDAN.Com, MEDAN - Pemerintah Kota (Pemko) Medan meniadakan salat Idul Fitri di Lapangan Merdeka pada Minggu (24/5/2020) mendatang. Hal ini untuk memutus mata rantai Covid-19.

Ketua MUI Kota Medan Prof Dr. Mohammad Hatta mengatakan, MUI Kota Medan mendukung kebijakan tersebut.

Hal ini tentunya berdasarkan pengamatan dari berbagai sisi, di mana kondisi Kota Medan saat ini belum stabil.

"MUI Kota Medan selalu berpegangan kepada prinsip yang dibuat oleh pemerintah dan MUI pusat, bahwa daerah-daerah yang punya potensi penularan yang tinggi diminta untuk bersabar dengan melaksanakan ibadah yang seharusnya di masjid atau di lapangan itu dilaksanakan di rumah," katanya, Jumat (22/5/2020).

Namun, Hatta mengatakan, masyarakat masih bisa salat di masjid dengan catatan masjid tersebut melakukan protokol kesehatan dengan benar.

"Jadi kalau misalnya ada kebijakan dari pemerintah Kota Medan untuk tidak melaksanakan salat Id di lapangan merdeka maka sekali lagi kami mendukung disebabkan oleh karena situasi dan kondisi Kota Medan pada saat ini," katanya.

Ia pun mengimbau agar masyarakat meniadakan takbir keliling tahun ini. Dijelaskannya, takbir merupakan hal sunnah yang bisa dilakukan di mana saja.

"Takbir ini kan sunnah ya, tidak ditetapkan tempatnya di mana. Artinya di semua tempat kita harus menggemakan takbir pada hari raya Idul Fitri. Kita minta supaya masjid-masjid, mushola dan sebagainya untuk menggemakan takbir," ujarnya.

Masyarakat harus menghindari membuat konvoi, karena hal tersebut membuat warga berkumpul dan memungkinkan penularan Covid-19.

"Jadi kita untuk takbir keliling kali ini kita tiadakan dengan catatan mari kita berdoa kepada Allah agar pada masa-masa akan datang hal seperti ini tidak terjadi lagi," ujarnya.

(Yui/tri bun-medan.com)

Penulis: Liska Rahayu
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved