Tahun Ini Salat Idul Fitri di Lapangan Merdeka Medan Ditiadakan

Lapangan merdeka yang selama ini menjadi ikonnya Medan untuk sholat Idul Fitri kita tiadakan sesuai dengan petunjuk MUI

Tri bun Medan/HO
Shalat Idul Fitri 1440 H di Lapangan Merdeka Medan, Rabu (05/06/2019) 

TRI BUN-MEDAN.com - Jika di tahun-tahun sebelumnya ribuan warga kota Medan melaksanakan salat Idul Fitri di Lapangan Merdeka, Kesawan maka tidak untuk tahun ini.

Tahun ini Pemerintahan Kota (Pemko) Medan meniadakan pelaksanaan salat Idul Fitri di Lapangan Merdeka, hal tersebut guna mencegah terjadinya penyebaran virus Corona (Covid-19).

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Bagian (Kabag) Agama Pemko Medan, Adlan kepada tri bun-medan.com, Jumat (22/5/2020).

Ia mengatakan meski tidak dilaksanakan di lapangan merdeka, warga tetap bisa melaksanakan salat di masjid, mushola, maupun di rumah saja dengan mematuhi protokol kesehatan.

"Tahun ini, sholat Idul Fitri di lapangan merdeka ditiadakan, karena sesuai dengan petunjuk maupun tausiyah dari MUI kota Medan, agar warga kota Medan dapat melaksanakan sholatnya di masjid, mushola atau pun di rumah saja," katanya.

Tidak dapat dipungkiri, Adlan mengatakan memang selama ini setiap lebaran tiba, lapangan Merdeka menjadi pilihan ribuan warga Medan untuk melaksanakan salat Idul Fitri.

Bukan hanya warga Medan saja, biasanya salat Idul Fitri di Lapangan Merdeka juga dihadiri oleh Wali Kota, MUI, hingga Gubernur Sumut.

Namun dikarenakan Pandemi Covid-19 maka pemerintah dan warga kota Medan selayaknya mengikuti petunjuk dari MUI, maka salat di lapangan Merdeka ditiadakan.

Ia berharap warga Medan dapat memaklumi keputusan tersebut demi kebaikan bersama.

"Lapangan merdeka yang selama ini menjadi ikonnya Medan untuk sholat Idul Fitri kita tiadakan sesuai dengan petunjuk MUI," katanya.

(cr21/tri bun-medan.com)

Penulis: Gita Nadia Putri br Tarigan
Editor: Salomo Tarigan
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved