Breaking News:

Lebaran di Irlandia, Riva Memasak Untuk Tetangga dan Adakan Perayaan Virtual dengan Keluarga

Menjalani momen Lebaran jauh dari kampung halaman menjadi pengalaman tersendiri bagi Riva.

Dokumentasi Pribadi
Riva Amelia, mahasiswi asal Indonesia program MA jurusan Ethnochoreology di Irish World Academy, University of Limerick, Irlandia 

TRIBUN-MEDAN.com - Menjalani momen Lebaran jauh dari kampung halaman menjadi pengalaman tersendiri bagi Riva. Sebelumnya, ia tak pernah membayangkan bagaimana rasanya berlebaran jauh dari keluarga.

Meski bukan merupakan pengalaman merantau pertamanya, berada di Irlandia selama kurang lebih sembilan bulan menjadi pengalaman merantau paling lama dan dengan jarak yang paling jauh yang pernah dijalani Riva.

Perempuan yang memiliki ketertarikan terhadap bidang seni tari ini mengatakan tahun ini juga sekaligus menjadi Ramadan pertama yang dilaluinya di negara empat musim itu.

Riva mengatakan bahwa sebelum adanya wabah pandemi global ini ia berencana untuk melaksanakan Salat Ied di masjid terdekat dari tempat tinggalnya di Limerick, Irlandia. Namun karena wabah pandemi ini Riva mengurungkan niatnya dan mengantinya dengan memasak makanan khas Indonesia untuk para tetangganya di housing.

"Sebelum ada pandemi ini, saya berencana ingin pergi ke masjid untuk Salat Idul Fitri. Namun situasinya tidak memungkinkan untuk sekarang, sehingga saya mempunyai rencana baru yaitu membuat makanan lebih dan diberikan kepada housemates yang berasal dari Irlandia, Thailand, Malaysia.

Meskipun mereka non-muslim namun saya ingin berbagi kepada mereka di hari lebaran dengan masakan khas Indonesia," kata Riva saat diwawancarai Tribun Medan, Minggu (24/5/2020).

Mahasiswi jurusan Ethnochoreology di University of Limerick ini juga merayakan Idul Fitri dengan keluarganya melalui video call.

Untuk mengobati rasa rindu kampung halaman Riva mengatakan dirinya melakukan virtual celebration dengan keluarganya di kampung halaman.

"Dan untuk mengobati rindu dengan keluarga, saya melakukan virtual celebration dengan keluarga," katanya.

Ada hal yang paling dirindukan Riva saat momen lebaran, yakni kampung halaman. Riva sangat merindukan kampung ibunya di Magelang. Di sana, terang Riva suasana lebaran sangat meriah.

Halaman
123
Penulis: Rechtin Hani Ritonga
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved