Breaking News:

Rayakan Momen Idul Fitri di Jerman, Susi Rindu Makan Rendang Masakan Ibu

karena wabah pandemi yang tak kunjung usai Susi harus membatalkan rencana pulang dan berkumpul dengan keluarga pada saat lebaran.

Penulis: Rechtin Hani Ritonga | Editor: Juang Naibaho
HO
Susilawati Bildat berfoto bersama anak dan suaminya di momen Idul Fitri 1441 Hijriah di Mannheim, Jerman. Ia adalah warga Medan yang telah tinggal di Mannheim Jerman selama lebih dari 23 tahun. 

TRIBUN-MEDAN.com - Momen ramadan dan lebaran merupakan momen yang sangat dinanti oleh umat muslim sedunia.

Momen berarti ini menjadi ajang silaturahmi dengan keluarga terlebih bagi yang menjalani satu tahun penuh dengan jauh dari keluarga.

Hal ini yang dirasakan oleh Susi, seorang perempuan asal Medan yang tinggal di Mannheim, Jerman.

Menikah dengan seorang lelaki keturunan Eropa membuat perempuan dengan nama lengkap Susilawati Bildat ini tinggal jauh dari keluarga.

Setiap dua tahun sekali, atau bahkan lebih, Susi biasanya menyempatkan diri untuk pulang ke Medan berkumpul dengan orang tua dan sanak saudaranya.

"Yang paling rindu itu rendang masakan mama di rumah (Medan), karena rasanya khas dan kalau sudah makan rendang itu rasanya sudah sah melewati lebaran," kata Susi saat diwawancarai Tribun Medan melalui aplikasi whatsapp, Minggu (24/5/2020).

Tahun ini adalah jadwal yang telah direncanakannya untuk pulang. Sejak akhir tahun 2019, Susi telah memberikan kabar kepada keluarga di Medan bahwa dirinya akan pulang pertengahan tahun 2020.

Namun sayang, karena wabah pandemi yang tak kunjung usai Susi harus membatalkan rencana pulang dan berkumpul dengan keluarga pada saat lebaran.

"Harusnya tahun ini pulang, sudah janji dengan keluarga di Medan lebaran tahun ini bertemu dengan sanak saudara di sana. Tapi karena pademi ini mau enggak mau harus berlebaran di Mannheim saja," ujar perempuan dengan nama lengkap Susilawati Bildad ini.

Sebagai minoritas, di Mannheim dan seluruh wilayah di Jerman tidak pernah memberlakukan libur khusus untuk umat muslim di hari lebaran. Namun jika ada pegawai yang ingin izin dari perusahaan tetap diperbolehkan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved