Breaking News:

Percepat Distribusi BLT Dana Desa, Dairi Ubah Cara Penyaluran dari Nontunai ke Tunai

Seluruh desa di Dairi telah menerima dana desa Tahap I bulan pertama. Besarannya 15 persen dari total Dana Desa masing-masing.

TRIBUN MEDAN/DOHU LASE
KADIS Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Dairi, Junihardi Siregar. 

TRI BUN-MEDAN.COM, DAIRI - Kadis Permberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Dairi, Junihardi Siregar mengatakan, sekitar 5.500 keluarga telah menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD).

Total dana yang tersalurkan telah mencapai Rp3,3 miliar.

"Hingga kemarin, baru 50 desa yang sudah menyalurkan BLT DD, dari total 161 desa yang ada di Dairi," kata Junihardi kepada Tribun Medan saat ditemui Kamis (28/5/2020).

Junihardi mengatakan, penyaluran BLT DD di Dairi belakangan menggunakan metode tunai. Hal itu guna mempercepat penyaluran BLT DD, sesuai Surat Edaran Bupati.

"Semula, penyaluran BLT DD di Dairi dilakukan secara nontunai. Penerima diberikan buku rekening yang telah berisi saldo Rp600 ribu-dana BLT DD. Namun, belakangan diganti dengan cara tunai. Uangnya diserahkan langsung oleh pemerintah desa kepada penerima," ungkap Junihardi.

BREAKING NEWS: TERKINI, Tiga Puskesmas di Medan Tutup Sementara karena Petugas Terpapar Covid-19

Lebih lanjut, Junihardi mengatakan, seluruh desa di Dairi telah menerima dana desa Tahap I bulan pertama.

Besarannya 15 persen dari total Dana Desa masing-masing.

"Masalah dana desa, sudah beres semua. Udah masuk ke rekening kas desa masing-masing," ujar Junihardi.

Junihardi menyebut, BLT DD Kabupaten Dairi hanya akan diterima 17.500 keluarga. Pihaknya menargetkan, penyaluran BLT DD tuntas bulan ini.

"Target kita, akhir bulan ini selesai. Ini makanya kita genjot. Hari ini, giliran sejumlah 40 desa menyalurkan BLT DD," tandas Junihardi. (cr16/tri bun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved