Breaking News:

Bupati Samosir dan Humbahas Perpanjang Masa Belajar di Rumah

Kegiatan belajar dan mengajar di rumah bagi peserta didik, tenaga pendidik, dan tenaga kependidikan di Samosir dan Humbahas kembali diperpanjang

Penulis: Arjuna Bakkara
Editor: Juang Naibaho
TRIBUN MEDAN/ARJUNA BAKKARA
Seorang peserta didik di Samosir belajar mandiri di rumahnya. 

TRI BUN-MEDAN.COM, SAMOSIR - Kegiatan belajar dan mengajar di rumah bagi peserta didik (siswa), tenaga pendidik, dan tenaga kependidikan di Kabupaten Samosir dan Humbahas kembali diperpanjang untuk mengantisipasi penularan virus corona.

Kepala Dinas Pendidikan Samosir, Rikardo Hutajulu membenarkan perpanjangan masa belajar daring tersebut.

"Pada pengumuman awal seharusnya pada Sabtu (30/5/2020) kegiatan belajar dan mengajar sudah dilakukan di sekolah," kata Ricardo.

Tingginya wabah virus Corona membuat Disdik Samosir memutuskan untuk memperpanjang belajar di rumah sistem dalam jaringan (daring) seluruh sekolah hingga 20 Juni 2020.

Kebijakan serupa diambil Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), yang kembali memperpanjang masa proses pembelajaran dari rumah.

Menurut Kadis Pendidikan Humbahas Jonni Gultom, perpanjangan proses pembelajaran di rumah sampai 13 Juni 2020.

"Menyikapi situasi pandemi covid-19, proses daring di lingkungan sekolah diperpanjang. Dengan mempedomani surat edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI dan ditindaklanjuti dengan surat edaran Bupati Bupati Humbahas," sebutnya.

Adapun poin penting dari perpanjangan daring itu, bahwa kepala sekolah dengan guru bidang study memandu peserta didik melakukan pembelajaran dengan sistem online dan media komunikasi lain.

"Diharapkan peserta didik dan guru tetap berinteraksi seperti proses belajar sebelumnya, meskipun tidak se-efektif pembelajaran tatap muka," kata Jonni.

Disamping proses daring, pihak sekolah tetap mengedukasi orang tua murid dan siswa untuk taat terhadap anjuran pemerintah dengan protokoler kesehatan atau Gugus Percepatan Penanggulangan Pencegahan dan Penyebaran covid-19 Kabupaten Humbahas.

"Tugas kita,selalu memberikan informasi kepada semua masyarakat maupun para siswa,agar mengikuti pola hidup sehat atau anjuran Gugus covid-19 Kabupaten Humbahas, misalnya mengurangi aktivitas diluar rumah, memakai masker, bersalaman dan lainya," katanya.

Disoal tentang persiapan yang akan dilakukan Disdik Humbahas pada masa perpanjangan daring dengan pihak sekolah, pihaknya telah melakukan rapat sosialisasi melalui media komunikasi.

"Untuk kecepatan informasi berupa sosialisasi kepada sekolah sekolah, mempergunakan aplikasi vicom. Dan itu yang telah kita terapkan selama ini," tukasnya.

(Jun-tri bun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved