Tegas! Polisi di Ambon Hukum Warga yang Tak Pakai Masker, Penindakannya Mirip Dengan Polisi India

Sejumlah petugas kepolisian melakukan penertiban terhadap warga yang tidak menggunakan masker di Pasar Mardika, Ambon.

Istimewa
Sejumlah personel polisi di Ambon melakukan penertiban terhadap warga yang tidak pakai masker di Ambon. Bahkan, petugas kepolisian melakukan penindakan kepada warga selayaknya polisi di India 

TRI BUN-MEDAN.com-Sejumlah petugas kepolisian melakukan penertiban terhadap warga yang tidak menggunakan masker di Pasar Mardika, Ambon.

Disebut-sebut aksi beringas polisi saat melakukan penertiban warga mirip dengan polisi India.

Salah satunya di grup Facebook Galeri Maluku dengan memberikan keterangan video “Bagi yang tidak menggunakan masker siap-siap panta babostok”.

Dalam video itu, tampak sejumlahpolisi yang tengah melakukan penertiban, membawa rotan sepanjang 1 meter sambil memukuli bokong warga dan para pedagang yang kedapatan tidak menggunakan masker.

Sebagian polisi lainnya juga terlihat membawa senjata laras panjang saat mengawal penertiban.

“Masker mana masker, ingatan pakai masker,“ ujar salah satu anggota polisi dalam video tersebut.

Berdasarkan penelusuran Kompas.com, aksi penertiban itu terjadi di kawasan Pasar Mardika, Ambon, Kamis (28/5/2020) pagi.

 “Itu kejadiannya kemarin. Memang harus tegas begitu karena di sini banyak pedagang yang melawan. Padahal Ambon ini sudah zona merah,” kata Ical salah satu pedagang Pasar Mardika kepada Kompas.com, Jumat.

Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol Muhamad Roem Ohoirat membenarkan kejadian itu. Aksi itu dilakukan personel Polda Maluku.

“Jadi begini, itu (anggota) dari Polda Maluku, mereka kan tergabung dalam satgas gugus tugas Covid-19 di bawah pemprov, tapi pengendali tetap di bawah kita Polda Maluku,” katanya.

Saat melakukan penertiban, sejumlah anggota polisi kebetulan menemukan rotan milik anggota Satpol PP dan mereka kemudian menggunakannya untuk memukuli warga.

“Itu rotan atau pentungan yang mereka gunakan itu milik Satpol PP ya,” katanya.

Saat aksi penertiban mirip dengan cara polisi di India, Roem enggan menjawab.

“Saya tidak bilang begitu (mirip) polisi India, itu yang menilai wartawan. Kalau mungkin mirip atau mirip polisi India itu wartawan yang nilai bukan saya,” katanya.  

Artikel ini sudah tayang di kompas.com dengan judul Viral, Video Polisi Pukuli Bokong Warga Tak Pakai Masker dengan Rotan, Mirip di India

Editor: jefrisusetio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved