Breaking News:

Warga Keberatan Sejumlah Petugas Kelurahan di Siantar Malah Terima Bantuan Sosial Tunai

Bukannya warga kurang mampu yang diprioritaskan sebagai penerima manfaat, melainkan perangkat kelurahan yang didahulukan.

TRIBUN MEDAN/HO
KANTOR Kelurahan Toba, Kecamatan Siantar Selatan, Kota Pematangsiantar 

TRI BUN-MEDAN.com, PEMATANGSIANTAR - Penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) di Kelurahan Toba, Kecamatan Siantar Selatan, Kota Pematangsiantar menuai polemik di masa Pandemi Covid-19.

Bukannya warga kurang mampu yang diprioritaskan sebagai penerima manfaat, melainkan perangkat kelurahan yang didahulukan.

Informasi ini diketahui dari keluhan warga setempat yang menyampaikan Lurah Toba tebang pilih menyalurkan BST yang nilainya sebesar Rp 600 ribu per keluarga per bulan itu.

"Kami yang tidak menerima bantuan Rp 600 ribu, bukan karena cemburu. Maunya perangkat Kelurahan yang mendata harus benar-benar yang tepat sasaran. Malah RT yang memiliki kos-kosan, dan grosir sembako masuk dalam penerima bantuan," ungkap seorang warga.

Putus Rantai Penyebaran Wabah Corona, Gubernur Sumut Minta Lima Daerah Dibentuk Jadi Satu Cluster

Di Kelurahan Toba, kabar beredar bahwa uang sebesar Rp 600 ribu diterima oleh Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat, Ketua RW, Ketua RT, Relawan Dinsos dan honorer Kecamatan.

Menanggapi ini, Kepala Bidang Dinas Sosial dan P3A Kota Pematangsiantar Risbon Sinaga angkat bicara.

Menurutnya, data para penerima BST awalnya berasal dari lurah kemudian diajukan ke Dinas Sosial dan P3A hingga puncaknya diserahkan ke Kemensos RI.

"Kita input data melalui aplikasi SIKS NG itu jadi disetujui oleh Pusdatin. Bahkan ada Berita Acara Serah Terima (BAST) juga lewat online," katanya.

Dijelaskannya, setelah nama turun dari PT Pos Indonesia, malah membuat bingung.

"Nama yang tidak kita usulkan malah muncul. Bahkan ada yang sudah meninggal muncul juga. Sedangkan nama yang disetujui tidak muncul di undangannya," katanya.

Halaman
123
Penulis: Alija Magribi
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved