Breaking News:

Ibadah Haji 2020 Dibatalkan

29 Calon Jemaah Haji Asal Dairi, termasuk Kepala Kantor Kemenag dan Camat, Batal Berangkat

Sebanyak 29 calon jemaah haji dari Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, batal berangkat ke Tanah Suci tahun ini

TRIBUN MEDAN / DOHU LASE
Petugas di ruangan Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kemenag Kabupaten Dairi melayani pendaftaran calon jemaah haji, Selasa (2/6/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Dohu Lase

TRIBUN-MEDAN.COM, DAIRI - Sebanyak 29 calon jemaah haji dari Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, batal berangkat ke Tanah Suci tahun ini, imbas Kemenag RI meniadakan ibadah haji tahun 2020 karena pandemi Covid-19.

Pantauan Tri bun-Medan.com di Kantor Kemenag Dairi, Selasa (2/6/2020), ruangan Seksi PHU (Penyelenggaraan Haji dan Umroh) tetap didatangi pendaftar ibadah haji.

Seorang pendaftar, Tamora Kudadiri (58), mengaku sudah tahu kabar soal peniadaan keberangkatan ibadah haji tahun ini.

Meski begitu, ia tetap mendaftar karena yakin situasi pandemi virus Corona ini tak berlangsung selama-lamanya.

"Kan kita enggak tahu tahun ini ada Corona. Saya baru mendaftar sekarang, karena baru punya uang. Lagian ini kan saya mendaftar, enggak langsung berangkat, tetapi untuk berapa tahun lagi," ungkap Tamora saat berbincang dengan Tribun Medan hari itu.

Informasi dihimpun, di antara 29 orang calon jemaah haji asal Dairi itu, ada Kepala Kantor Kemenag Dairi, kemudian Kasi PHU Kantor Kemenag Dairi, Camat Berampu, dan Sekretaris Inspektorat Dairi.

"Iya, sedih. Saya belum pernah naik haji. Ini seharusnya pertama kali. Namun, mau bagaimana lagi," kata Sekretaris Inspektorat Dairi, Shafiah Berutu, yang ditemui Tribun Medan hari itu juga.

Shafiah mengaku, ia sebetulnya sangat berharap tetap bisa berangkat haji, meski harus menjalankan protokol kesehatan super ketat. Namun, pelan-pelan ia akhirnya ikhlas.

"Saya mendaftar tahun 2012 lalu. Delapan tahun saya menantikan naik haji. Mudah-mudahan, pandemi Covid-19 ini segera berlalu, sehingga kehidupan kembali normal," ujar Shafiah.

Data dari Kantor Kemenag Dairi, 29 calon jemaah haji asal Dairi terdiri atas 12 laki-laki dan 17 perempuan. Mereka rata-rata berusia 40-an tahun.

"Paling tua berumur 73 tahun, perempuan, warga Kuta Maha, Kecamatan Siempat Nempu Hulu," ujar Marfuah Hutagalung, staf pada Seksi PHU Kantor Kemenag Kabupaten Dairi, Selasa (2/6/2020).

Marfuah mengatakan, pendaftar ibadah haji yang masuk daftar tunggu di Dairi ada sekitar 400 orang.

(cr16/tribun-medan.com)

Penulis: Dohu Lase
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved