Breaking News:

Bupati Dairi Minta Warga Tabah, Bantuan Sembako dari Pemprov Sumut Baru 9.800 Paket Didistribusikan

Saya meminta semua pihak untuk ikut mengawal bantuan-bantuan ini agar tepat sasaran

TRI BUN MEDAN/Dohu Lase
Bupati Dairi, Eddy Berutu (pakai topi BPBD) menyerahkan bantuan paket sembako dari Pemprov Sumut kepada Camat Sidikalang selaku salah satu kecamatan yang kebagian giliran pertama di distribusi bantuan paket sembako Pemprov Sumut, Selasa (2/6/2020). 

TRI BUN-MEDAN.COM, DAIRI - Selasa (2/6/2020), Pemkab Dairi mulai mendistribusikan 9.820 paket sembako bantuan Pemprov Sumut ke lima kecamatan, yaitu Kecamatan Sidikalang, Kecamatan Sitinjo, Kecamatan Sumbul, Kecamatan Pegagan Hilir, dan Kecamatan Silahisabungan.

Paket-paket sembako yang dikemas dalam kotak kardus ini terdiri atas beras 10 kg, gula 2 kg, minyak goreng 2 liter, dan 20 bungkus mi instan.

Menurut pengalokasian, Kabupaten Dairi seharusnya mendapatkan 32.146 paket sembako.

Namun, hingga hari itu, paket sembako untuk Dairi yang masuk baru 9.820 paket.

Untuk itu, Bupati meminta warga di 10 kecamatan lainnya di Dairi untuk tabah menghadapi kondisi tersebut.

"Bagi kecamatan yang belum mendapatkan bantuan, saya meminta untuk tetap bersabar. Apabila bantuan itu telah didistribusikan, maka sesegera mungkin kita salurkan kepada masyarakat," kata Bupati Dairi, Eddy Berutu, saat seremoni dimulainya penyaluran paket sembako Pemprov Sumut hari itu.

Eddy mengajak warganya untuk bersyukur, karena selama pandemi Covid-19, pemerintah tidak tinggal diam.

Berbagai bantuan untuk masyarakat dikucurkan, mulai dari Bantuan Sosial Tunai (BST) hingga BST APBD Kabupaten/Kota dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD), untuk menyelamatkan daya beli dan perekonomian masyarakat.

Jika diperhitungkan dari segi populasi penduduk, lanjut Eddy, sebagian besar warga Dairi sudah mendapat berbagai bantuan.

Eddy menguraikan, sebanyak 19.464 keluarga di Dairi telah mendapatkan BST dari Kemensos RI, 3.918 keluarga mendapatkan BST Kelurahan (bersumber dari APBD Dairi), dan 16.872 mendapatkan BLT DD, yang besarannya Rp600 ribu per bulan selama tiga bulan.

Selain itu, sekitar 8.000 keluarga di Dairi terdata sebagai penerima dana bantuan Program Keluarga Harapan (PKH).

"Kita patut bersyukur. Saya meminta semua pihak untuk ikut mengawal bantuan-bantuan ini agar tepat sasaran, sehingga diterima oleh masyarakat yang betul-betul membutuhkan," kata Eddy.

(cr16/tri bun-medan.com)

Penulis: Dohu Lase
Editor: Salomo Tarigan
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved