Breaking News:

KPU Pakpak Bharat Kebut Persiapan PPS dan PPDP dengan Protokol Kesehatan Ketat

Kabupaten Pakpak Bharat bersiap menghadapi tahapan pilkada serentak tahun 2020.

Penulis: Dohu Lase | Editor: Juang Naibaho
Foto Istimewa/via https://apahabar.com
Pilkada 2020 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Dohu Lase

TRI BUN-MEDAN.COM, PAKPAK BHARAT - Kabupaten Pakpak Bharat bersiap menghadapi tahapan pilkada serentak tahun 2020. Sebelumnya, tahapan pilkada sempat dihentikan karena merebaknya virus Corona.

Ketua KPU Pakpak Bharat, Basra Munthe mengatakan, pihaknya masih menunggu penetapan draf PKPU perubahan atas PKPU tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Pilkada 2020.

Nantinya setelah penetapan diperoleh, lanjut Basra, tahapan Pilkada yang akan segera mereka kebut ialah pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP).

"Tahapan itu adalah kegiatan kita paling terakhir, yang kemarin terpaksa ditunda akibat pandemi Covid-19," kata Basra kepada Tribun Medan via selulernya, Rabu (3/6/2020).

Basra mengatakan, pihaknya sudah menggelar rapat internal terkait ini. Hasil rapat memutuskan, mereka baru akan mulai bergerak setelah ada kepastian berupa penetapan draf PKPU perubahan, serta petunjuk KPU pusat dan provinsi.

"Kan semuanya itu masih ancang-ancang," ucap Basra.

Menurut Basra, anggaran penyelenggaraan Pilkada Pakpak Bharat bakal membengkak, akibat penerapan protokol kesehatan.

"Anggaran pasti bertambah, karena fasilitas untuk menegakkan protokol kesehatan, seperti pembelian Alat Pelindung Diri dan lain-lain, belum masuk dalam anggaran sebelumnya," tutur Basra.

Basra mengungkapkan, seharusnya sesuai jadwal, pendaftaran bakal calon kepala daerah usungan parpol dilangsungkan tanggal 18 Juni mendatang. Namun, karena terpaksa ditunda akibat Covid-19, KPU harus menyusun kembali jadwal-jadwal tahapan.

Sementara, untuk tahapan pendaftaran bakal calon independen, sudah terlaksana, namun nihil pendaftar.

(cr16/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved