Breaking News:

Tinjau Penerbangan Perdana Sejak Covid, Bupati Sebut Bandara Silangit Sudah Terapkan Protokol

Bupati Taput memastikan kesiapan dan penerapan protokol kesehatan yang telah ditentukan.

Penulis: Arjuna Bakkara | Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
TRIBUN MEDAN/ARJUNA
BUPATI Tapanuli Utara, Nikson Nababan bersama Forkompinda melakukan monitoring penerbangan perdana sejak ditutupnya penerbangan di Bandara Internasional Silangit Taput. 

TRI BUN-MEDAN.COM, SIBORONG-BORONG -Demi memastikan kesiapan Bandara Silangit, Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan bersama Forkopimda dan sejumlah OPD melakukan peninjauan bandara dalam agenda penerbangan perdana dari dan menuju Silangit setelah ditutup selama hampir dua bulan terakhir, Rabu (10/6/2020).

Bupati Taput memastikan kesiapan dan penerapan protokol kesehatan yang telah ditentukan,

"Kita mau memastikan apakah Bandara Internasional Silangit menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan dalam prosedur penerbangan. Setelah kita cek, protokol kesehatan diterapkan dengan baik. Tenaga medis dari Dinas Kesehatan Taput sudah siaga menjalankan protokol kesehatan bagi penumpang yang datang dan keluar Bandara Internasional Silangit," kata Nikson.

Mulai Besok Bandara Sisingamangaraja XII (Silangit) Kembali Beroperasi, Catat Jadwal dan Maskapainya

Dikatakan Nikson, demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini, di masa menuju new normal, bentuk kesiapan harus dipastikan. Soalnya manusia keluar masuk dari zona merah ke zona hijau.

"Ini semua harus dipatuhi demi memutus rantai penyebaran Covid-19 di masa menuju new normal, saat ini," imbuhnya.

Pada penerbangan perdana maskapai Citilink Jakarta-Silangit pasca hampir dua bulan berhenti beroperasi, terdata sebanyak 74 penumpang diberangkatkan menuju Jakarta dan sebanyak 51 penumpang tiba di Bandara Silangit.

Selanjutnya Bupati menyampaikan bahwa kesiapan Bandara Internasional Silangit menuju new normal sudah menerapkan protokol kesehatan.

Setelah dicek, protokol kesehatan diterapkan dengan baik.

Bupati  juga melihat sudah ada pembatasan jumlah penumpang yang dilakukan oleh pihak maskapai.

"Kita berharap SOP tetap dijalankan sesuai instruksi Pemerintah Pusat sebagai kesiapan menjelang new normal. Tenaga medis dari Dinas Kesehatan Taput bersama TNI, Polri dan Satpol PP sudah standby menjalankan protokol kesehatan. Kita juga berharap agar para penumpang tetap mengikuti aturan yang ditetapkan. Dengan dibukanya kembali Bandara ini diharapkan akan turut menghidupkan kembali perekonomian masyarakat, Pemerintah Daerah turut mendukung program Pemerintah Pusat. Kedepannya kita semua harus membiasakan hidup berdampingan dan berdamai dengan Corona," kata Bupati.

Bandara SIlangit Mulai Beroperasi Kembali, Catat Jadwal Penerbangannya

Kepala Bandara Internasional Silangit Iwan Sutisna menyambut baik kunjungan Forkopimda.

Iwan mengatakan, penumpang harus memenuhi syarat memiliki surat keterangan rapid test yang berlaku untuk tiga hari dan apabila sudah lewat tiga hari harus rapid test kembali.

"Para penumpang juga wajib memiliki SIKM (Surat Ijin Keluar Masuk) dan di Bandara akan diukur suhu kembali, harus menggunakan masker dan cuci tangan. Bandara ini dibuka kembali setelah tutup sejak 24 April lalu," ucap Iwan Sutisna.

Selain itu, saat tiba di bandara, pengukuran suhu badan serta mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, diwajibkan untuk setiap penumpang.(jun/tri bun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved