Breaking News:

Asosiasi UMKM Sumut Sambut Baik New Normal, Kini Mulai Fokuskan Pemasaran Secara Online

Asosiasi UMKM Sumatera Utara (Sumut) menyambut baik kebijakan New Normal yang akan diterapkan pemerintah.

TRIBUN MEDAN/HO
Ketua Asosiasi UMKM Sumut, Ujiana Sianturi. Asosiasi UMKM Sumut sambut baik new normal, ke depan akan lebih fokus pemasaran secara online. 

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Asosiasi UMKM Sumatera Utara (Sumut) menyambut baik kebijakan New Normal yang akan diterapkan pemerintah.

Kebijakan ini membuat pelaku UMKM bisa lebih semangat mengembangkan usahanya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

"Dengan dibuka kembali aktivitas ekonomi tapi tetap mematuhi protokol kesehatan pada masa New Normal ini kami pelaku UMKM Sumut telah berbenah diri dengan fokus pada pemasaran digital melalui e- commerce. Sehingga transaksi dapat dilakukan tanpa harus tatap muka antar penjual dan pembeli," ujar Ketua Asosiasi UMKM Sumut, Ujiana Sianturi, Kamis (11/6/2020).

Ia mengatakan para pelaku UMKM harusnya bisa beradaptasi dengan perubahan di saat ini di mana konsumen juga beralih untuk membeli produk secara online.

Dengan pemasaran online baik pelaku UMKM dan konsumen bisa mengikuti imbauan pemerintah agar berkegiatan di rumah saja.

Tetapi, kata Ana, belum semua UMKM di Sumut bisa siap menghadapi sistem pemasaran secara online ini.

Menurutnya tidak semua bidang usaha dan Ekonomi UMKM cara kerjanya sama.

"Apalagi di bidang usaha mikro dan kecil, kalau untuk menambah biaya lagi untuk pemasaran kemungkinan hal ini akan sulit dijalankan. Memang bagi sebagian pelaku UMKM, transaksi tanpa bertatap muka akan aneh di awal, tetapi semakin kita tekuni kegiatan ini, rasa keanehan itu semakin terkikis," katanya.

Ia mengatakan secara keseluruhan UMKM di Sumut yang sudah mengerti dengan pemasaran secara online sudah mencapai 50 persen.

Namun ada beberapa kendala seperti ponsel yang digunakan pelaku UMKM tidak mendukung dan terbatasnya dana untuk kuota internet.

Halaman
12
Penulis: Septrina Ayu Simanjorang
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved