Breaking News:

Ribuan Warga Taput Belum Terima Bantuan Sembako dari Pemprov Sumut, Baru Terdistribusi 50 Persen

Ribuan keluarga penerima manfaat (KPM) di Kabupaten Tapanuli Utara belum menerima bantuan sembako dari Pemprov Sumut

Dok. Humas Kabupaten Langkat
Penyerahan bansos dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara kepada masyarakat secara simbolis, Senin (1/6/2020). 

TRI BUN-MEDAN.com, TARUTUNG - Ribuan keluarga penerima manfaat (KPM) di Kabupaten Tapanuli Utara belum menerima bantuan sembako dari Pemerintah Provinsi Sumut hingga Kamis (11/6/2020).

Hingga Rabu kemarin, baru 50 persen bantuan terdistribusi dari kuota 27.237 KPM di Taput.

Sasma Situmorang, penanggung jawab pembagian bahan pangan dari Pemprov Sumut, mengatakan, data update terakhir pada 10 Juni 2020 terdapat 14.174 KPM yang telah menerima bantuan.

Sasma meyakii bahwa distribusi 50 persen lagi akan tuntas secepatnya.

"Mudah-mudahan sudah bisa tuntas semua 100 persen minggu depan. Sesuai dengan informasi yang kami dapatkan dari para pemilik e-warung, bahan-bahan sembako terlambat tiba karena adanya Idul Fitri lalu," kata Sasma.

Dia mengatakan, Gugus Tugas Covid-19 mendesak para pemilik e-warung segera menyalurkan bantuan kepada warga dengan tetap memperhatikan kualitas dan kuantitas paket pangan.

Wakil Ketua Panitia Khusus (Pansus) Covid-19 DPRD Sumut Ahmad Hadian yang turun ke Taput pada hari ini, menegaskan bahwa e-warung yang bekerja sama dengan Perusahaan Daerah Pertanian Taput tidak dibenarkan sebagai distributor bantuan pangan dari Pemprov Sumut.

"Sebenarnya JPS Pemprov Sumut yang berupa sembako tidak ada kaitan dengan e-warung. Setahu saya e-warung itu perangkat program bantuan pangan nontunai dari pusat. Jangan dikaitkan, jangan dicampurbaurkan," terangnya.

Disinggung soal dugaan penyelewengan dengan modus pengurangan berat dan kualitas yang viral beberapa waktu lalu, Ahmad menyebut itu akan diproses aparat hukum.

"Kemungkinan diproses secara hukum pasti ada. Kami kawal penyaluran ini agar tepat sasaran, tepat mutu dan waktu," kata Ahmad ditemui di Hotel Hineni, Tarutung.

Halaman
123
Penulis: Arjuna Bakkara
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved