Breaking News:

Registrasi Ulang PPDB Tahap I Dibuka, Kendala Peserta di 2 SMA Favorit Medan SMAN 3 dan SMAN 4

Banyak para pendaftar ini registrasi ulang bukan dari kekeliruan berkas, tapi belum siapnya berkas terkumpul.

Penulis: Kartika Sari | Editor: Salomo Tarigan
TRI BUN MEDAN/Kartika Sari
Para peserta lulus PPDB tahap pertama melakukan registrasi ulang di SMAN 3 Medan, Jumat (12/6/2020). 

TRI BUN-MEDAN.com-MEDAN -

Sejumlah SMA Negeri di Sumatra Utara melaksanakan registrasi ulang peserta setelah dinyatakan lolos untuk seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahap pertama untuk jalur akademik, nonakademik, afirmasi, dan perpindahan.

Registrasi ulang ini juga dilaksanakan di dua SMA Negeri favorit yaitu SMA Negeri 3 (SMAN 3) Medan dan SMA Negeri 4 (SMAN 4) Medan pada hari kedua, Jumat (12/6/2020).

Dalam registrasi ulang pada hari kedua ini, pihak panitia menemukan beberapa kendala peserta dalam melakukan proses pendaftaran ulang, hal ini diungkapkan oleh Adi Wijaya selaku Ketua PPDB SMAN 3 Medan.

Ia menuturkan bahwa kendala dalam proses registrasi di SMAN 3 Medan ini bukan dari kekeliruan berkas namun belum siapnya peserta dalam memenuhi syarat pemberkasan.

"Banyak para pendaftar ini registrasi ulang bukan dari kekeliruan berkas, tapi belum siapnya berkas terkumpul. Ada yang belum siap misalnya rapor dari SMP belum selesai makanya mereka balik lagi untuk kembali melengkapi," ungkap Adi.

Adi menjelaskan bahwa dalam kelengkapan berkas ini diberi waktu hingga hari Senin.

"Kemarin itu ada kurang rapor atau berkas yang lain. Nah kita beri waktu di hari senin untuk melengkapinya. Bagus juga ya agar tidak berkumpul-kumpul saat pandemi corona ini. Ada beberapa pendaftar yang berkasnya agak telat, apalagi semalam agak telat Dinas pengumumannya yang seharusnya tanggal 10," ujarnya.

Registrasi ulang juga tampak terlihat di SMAN 4 Medan yang terletak di Jalan Gelas No. 12, Sei Putih Tengah, Kecamatan Medan Petisah Medan.

Peserta lulus PPDB saat melakukan registrasi ulang di SMAN 3 Medan, Jumat (12/6/2020).
Peserta lulus PPDB saat melakukan registrasi ulang di SMAN 3 Medan, Jumat (12/6/2020). (TRI BUN MEDAN/Kartika Sari)

SMAN 4 Medan terhitung memiliki 670 pendaftar yang terverifikasi dengan peserta yang lulus diantaranya 72 peserta untuk jalur akademik, 8 peserta untuk jalur nonakademik, 52 peserta untuk jalur afirmasi, dan 10 peserta untuk jalur perpindahan anak murid.

Rianto mengungkapkan bahwa nilai tertinggi yaitu 94,20 dan nilai terendah sekitar 89,05 di urutan 72.

Selain itu, Rianto mengungkapkan bahwa saat melakukan registrasi ulang, ada beberapa peserta yang mengalami kendala dalam berkas diantaranya ketidaksesuaian data.

"Kalau kesalahan registrasi ini contohnya ada NIK di KK ketika di Klik ini tidak sesuai dengan KKnya. Ada perbedaannya. Kalau sejauh ini berkas masih aman, namun hanya yang di upload itu beberapa terlihat kabur dan dilihat di aplikasi tidak terlihat jelas. Kita tidak bisa memastikan siapa yang salah. Bisa saja yang diupload memang kabur atau bisa saja aplikasinya kurang maksimal," pungkas Rianto.

(cr13/tri bun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved