Breaking News:

Nasib Lettu Aprianto, Pilot Pesawat TNI AU Selamat Berkat Kursi Pelontar, Jatuh di Semak-semak

Pilot Lettu Aprianto Ismail tersebut jatuh bersama parasutnya di semak-semak, warga yang melihat pilot langsung memberikan pertolongan

Editor: Azis Husein Hasibuan
Tangkapan layar di KOMPAS TV
Bidik layar video amatir jatuhnya pesawat tempur TNI AU. Pesawat diketahui sebagai BAE Hawk 209 dengan nomor registrasi TT-0209. 

TRI BUN-MEDAN.com - Pilot pesawat TNI AU yang jatuh di Siak Hulu, Kampar pada Senin pagi (15/6/2020) selamat dari kecelakaan tersebut.

Pilot jatuh sekitar 500 meter dari lokasi jatuhnya pesawat, sedangkan kursi pelontarnya jatuh menimpa rumah warga sekitar 250 meter dari lokasi pesawat jatuh.

"Pilotnya tadi jatuh di semak sempat dibantu warga wajahnya terlihat ada memar, tapi masih bisa jalan masuk ke Ambulans tadi," ujar Reni warga setempat yang melihat pilot tersebut jatuh.

Pilot Lettu Aprianto Ismail tersebut jatuh bersama parasutnya di semak-semak, warga yang melihat pilot langsung memberikan pertolongan.

"Tadi nggak sempat lama, sudah tiba ambulan dan pasukan TNI untuk mengamankan lokasi," ujar Reni.

Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsma TNI Fajar Adriyanto mengonfirmasi soal jatuhnya pesawat TNI AU itu.

Sebuah pesawat tempur TNI AU jatuh di kawasan pemukiman warga di Desa Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau, Senin (15/6/2020) pagi.
Sebuah pesawat tempur TNI AU jatuh di kawasan pemukiman warga di Desa Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau, Senin (15/6/2020) pagi. (Istimewa)

"Saat ini berada di RSAU dr Soekirman Lanud Rsn Pekanbaru untuk pemeriksaan lebih lanjut," kata Fajar, dalam keterangan tertulis yang disampaikan TNI AU pada Senin pagi.

Pilot pesawat BAe Hawk 209 ini disebut selamat karena mengevakuasi diri menggunakan kursi pelontar.

Cara kerja kursi pelontar

Lalu bagaimana cara kerja kursi pelontar yang membuat pilot selamat dalam keadaan darurat kecelakaan?

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved