Breaking News:

Rencana Pembukaan Sekolah di Sumut

Berstatus Zona Hijau, Kadisdik Samosir Sebut 95 Persen Sekolah Siap Belajar Tatap Muka

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Samosir Rikardo Hutajulu menyatakan siap menyelenggarakan pendidikan tahun ajaran baru 2020/2021

TRIBUN MEDAN/ARJUNA BAKKARA
Seorang peserta didik di Samosir belajar mandiri di rumahnya. 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Arjuna Bakkara

TRI BUN-MEDAN.com, SAMOSIR - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 telah mengumumkan skema pendidikan berdasarkan zona.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Samosir Rikardo Hutajulu menyatakan sekolah di wilayah setempat sudah siap menyelenggarakan pendidikan tahun ajaran baru 2020/2021.

"Perihal kesiapan masuk sekolah, hasil rapat webinar yang saya ikuti kemarin bersama Bapak Mendikbud RI bahwa zona hijau diberi izin melaksanakan pelayanan pendidikan tatap muka," ujar Rikardo Hutajulu di Samosir, Selasa (15/6/2020).

Bukan tidak beralasan, selama ini Samosir bersih dari Covid-19 atau dalam kategori zona hijau sehingga memungkinkan untuk diterapkan belajar tatap muka ke depan.

Sedangkan untuk daerah yang berada di zona kuning, oranye, dan merah, dilarang melakukan pembelajaran tatap muka.

"Maka kami sampaikan untuk tahap I sesuai arahan Mendikbud, SMP di Kabupaten Samosir sudah siap melaksanakan pembelajaran tatap muka," ujar Rikardo.

Apalagi, kata Rikardo, selama Mei 2020 instansi yang dia pimpin sudah melakukan sosialisasi kepada seluruh kepala SMP supaya melakukan segala persiapan.

"Dan setelah kami monitoring hingga hari ini, 95 persen sekolah kita (SMP) sudah siap," terangnya.

Panduan pembelajaran tatap muka pada Zona Hijau di Samosir, kata Rikardo, tetap dilaksanakan berdasarkan pertimbangan kemampuan peserta didik dalam menerapkan protokol kesehatan.

(Jun-tri bun-medan.com)

Penulis: Arjuna Bakkara
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved