Breaking News:

Lelang Amal Pekzhang Jumbo Kerjasama Pempek Sriwijaya dan Rotary Club, Bantu Panti Jompo di Medan

Diadakannya kegiatan amal tersebut untuk memberi bantuan kepada panti jompo di Kota Medan.

TRIBUN MEDAN/HO
PEMPEK Sriwijaya bersama Rotary Club Medan Talent (RCMT) menggelar Lelang Amal Pekzhang Jumbo melalui live Instagram @pempeksriwijayamedan, Selasa (23/6/2020) pukul 20.00 WIB malam, bertempat di The Cloud, Jalan Tengku Daud Medan. 

TRI BUN-MEDAN.COM, MEDAN - Pempek Sriwijaya bersama Rotary Club Medan Talent (RCMT) menggelar Lelang Amal Pekzhang Jumbo melalui live Instagram @pempeksriwijayamedan, Selasa (23/6/2020) pukul 20.00 WIB malam, bertempat di The Cloud, Jalan Tengku Daud Medan.

Owner Pempek Sriwijaya Brilian Moktar didampingi istri Janice Moktar mengatakan diadakannya kegiatan amal tersebut untuk memberi bantuan kepada panti jompo di Kota Medan.

Diakuinya, selama pandemi Covid-19, tamu yang berkunjung ke panti jompo dibatasi, artinya tidak diperbolehkan masuk karena khawatir orang tua rentan terkena penyakit jadi kunjungan tamu itu dihentikan.

"Orang yang berkunjung ke panti jompo berkurang, sumbangan juga berkurang, kondisi itu menyebabkan Pempek Sriwijaya Medan dan RCMT terinspirasi untuk mengalang dana guna membantu panti jompo di Medan ini yang keadaannya membutuhkan dana," ujar Brilian, Rabu (24/6).

Selain itu, lanjutnya, pada Bulan Juni ini, tradisi orang Tionghoa dalam perayaan makan bakcang. Yang jatuh pada Kamis (25/6/2020) besok.

Chelsea Islan Lelang Topi Favoritnya untuk Donasi, Penampilan Cantiknya Malah Bikin Salah Fokus

"Cuma kita di awal Bulan Juni sudah mulai makan bakcang, makanan tradisi Tionghoa yang ada hubungan dengan sejarah dari China. Dimana dulu menghargai seorang kita bilang patriot, beliau ini terjun ke sungai, masyarakat begitu ingin supaya mayat beliau itu tidak dimakan ikan, demi menghargai beliau dibuatlah bungkusan nasi yang diisi variasi lauk dan dilempar ke sungai," ucapnya.

Menurut Brilian, tradisi ini dijadikan tradisi tahunan, bukan dilempar ke sungai lagi tapi dijadikan makanan keluarga. Jadi setiap tahun di bulan Juni ada perayaan makan bakcang dan dirayakan dengan festival dragon boat.

Bakcang ini dibungkus dengan pulut, dalamnya ada daging, chestnut, ebi, jamur, kemudian telur asing, bawang goreng, cabai rawit itu isinya. Diakuinya, karena terbuat dari pulut maka beberapa orang tidak berani makan bakcang mungkin karena ada ganguan mag.

"Jadi saya terpikir satu inspirasi, saya sendiri pengusaha makanan tradisional Palembang pempek, dan yang satu tradisi China, bakcang, alangkah bagusnya tradisi ini digabungkan jadi perpaduan yang baik. Saya mencoba membuat bakcang yang mana kulitnya itu saya ganti dengan adonan pempek yang terbuat dari bahan ikan tenggiri, dan disebut dengan Pekzhang, pertama di Indonesia," ucap Janice.

Luna Maya Gelar Lelang Sepatu Kesayangan, Masyarakat Antusias Mengikutinya dan Ditawar Rp 5 Juta

Ia mengatakan Pekzhang ini halal, untuk isiannya terbuat dari daging ayam, chestnut, ebi, jamur, kemudian telur asing, bawang goreng, dan cabai rawit. Ketika ia meminta komentar dari teman-temannya tentang rasa Pekzhang ini, semua mengatakan bahwa rasanya enak sekali.

"Akhirnya jadilah Pekzhang ini dijual di Instagram dan respon masyarakat luar biasa, bulan Juni ini sudah tembus diangka 500 Pekzhang, respon lumayan bagus," ungkapnya.

Selain itu, kata Brilian, Kegiatan Lelang Amal Pekzhang Jumbo ini berhasil menggalang dana sebanyak lebih kurang Rp26 jutaan.
"Jadi dalam lelang amal ini ada beberapa kegiatan, kita mengadakan lelang Pekzhang Jumbo dan Challenge makan Pekzhang Jumbo yang isinya satu ekor ayam utuh," katanya.

Turut berpartisipasi dalam Lelang Amal Pekzhang Jumbo ini yakni Andy PG, Jaymes R, Zettariuz, Jaeli Christina, Sherly Suretno, dan Rendy Sullivan.

Brilian berharap anak-anak muda tetap memperhatikan dan tetap berbakti kepada orang tua, dan masyarakat yang punya kelebihan mau berbagi kepada mereka yang kurang beruntung. (nat/tri bun-medan.com)

Penulis: Natalin Sinaga
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved