Ahok Lelang 19 Baju Batik yang Pakai Saat Sidang Penistaan Agama, Uangnya untuk Bantu Masyarakat

Sebelumnya, Ahok pernah berniat membuat hall gallery atau galeri pameran khusus untuk koleksi baju-baju batiknya tersebut.

Handout/Jonathan Manurung
Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok usai menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019 di KJRI Osaka, Minggu (14/4/2019). 

TRI BUN-MEDAN.com-  Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau lebih dikenal Ahok akan melelang 19 koleksi baju batik yang menemaninya dalam sidang penistaan agama.

Sebelumnya, Ahok pernah berniat membuat hall gallery atau galeri pameran khusus untuk koleksi baju-baju batiknya tersebut.

Namun, rencana itu urung dilakukan Ahok sehingga akhirnya dilelang agar uang yang terkumpul bisa digunakan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

Melalui BTP Foundation, Ahok membuat aplikasi Jangkau yang bisa mempertemukan orang yang ingin membantu dan orang yang sedang memerlukan bantuan.

"Tadinya mau saya taruh di rumah saja, tadinya mau saya bikin hall gallery, ditempelin, supaya orang ngelihat ini dipakainya tanggal berapa, kejadiannya di mana. Cuma kemudian kita bikin Jangkau dan saya melihat banyak kebutuhan dana yang dipakai," kata Ahok dalam konferensi pers virtual lelang batik Ahok, Senin (29/6/2020).

Dalam setiap minggunya, benihbaik.com dan BTP Foundation akan mengeluarkan tiga batik yang pernah digunakan oleh Ahok dalam persidangan kasus penistaan agama.

Tiga batik pertama yang akan dilelang ke publik adalah batik yang digunakan pada sidang perdana tanggal 13 Mei 2016, 20 Desember 2016, dan saat sidang putusan 9 Mei 2017.

Batik yang digunakan Ahok tanggal 13 Mei 2016 akan dibuka dari harga pertama yang cukup spesial, yakni Rp 54.

Angka tersebut sengaja dipilih karena sesuai dengan usia Ahok saat ini.

Bagi peserta lelang yang ingin mendapatkan batik ini harus menambahkan kelipatan Rp 500.000 di setiap tawarannya.

Sementara batik yang dipakai Ahok dalam sidang tanggal 20 Desember 2016, dibuka dengan harga lelang Rp 296. Angka ini sesuai dengan tanggal kelahiran BTP yang jatuh pada 29 Juni.

Sayangnya, BTP Foundation belum menentukan harga awal untuk batik terakhir yang digunakan pada sidang putusan 9 Mei 2017.

Bagi Anda yang tertarik untuk ikut berpartisipasi dalam lelang batik Ahok, bisa langsung mendaftar ke laman benihbaik.com.

Uang yang terkumpul dari hasil acara lelang ini akan disumbangkan kepada masyarakat yang membutuhkan dalam platform Jangkau.

Artikel ini sudah tayang di kompas.com dengan judul Ahok Sempat Ingin Bikin Galeri Aula untuk Koleksi Batiknya

Editor: jefrisusetio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved