Breaking News:

Update Covid19 Sumut 4 Juli 2020

Setelah Ditutup Hampir Empat Bulan, Gereja Katedral Medan Dibuka Kembali Besok

Pihak gereja telah menyiapkan beberapa tempat cuci tangan dan hand sanitizer yang digunakan umat yang bakal datang.

TRIBUN MEDAN/MAURITS
UMAT Katedral Medan mencuci tangan sebelum masuk ke gereja untuk doa sore. 

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Gereja Katedral Medan, Jalan Pemuda, Kecamatan Maimun, Kota Medan kembali dibuka pada esok hari, Minggu (5/7/2020).

Dalam persiapan buka kembali, seluruh petugas telah membersihkan gedung gereja dan dua gedung lain yang digunakan sebagai penampung umat agar tetap merasa nyaman saat menghadiri ibadah.

Di dalam ruangan gereja, jumlah umat pun dibatasi dari jumlah biasanya.

"Biasanya, jumlah umat yang bisa ditampung lebih dari 500 orang. Kita hanya bisa menerima 100 orang maksimalnya, artinya 20 persen dari biasanya," ujar Pastor Marihot Simanjuntak di Pastoran Katolik Katedral, Sabtu (4/7/2020).

Akhyar Nasution Minta Agar Seluruh Rumah Ibadah Terapkan Protokol Kesehatan

Vikaris Parokial Gereja Katolik Katedral Medan, Pastor Marihot Simanjuntak menyampaikan, pihaknya telah menyiapkan beberapa tempat cuci tangan dan hand sanitizer yang digunakan umat yang bakal datang.

"Kita sudah menempatkan beberapa tempat cuci tangan dan hand sanitizer bagi umat yang akan datang. Ini semua bagian dari protokol kesehatan yang harus kita taati," sambungnya.

Selain penyajian sarana berupa hand sanitizer dan tempat cuci tangan, pihak gereja juga melakukan pengukuran suhu tubuh umat yang bakal datang.

RESMI Berlaku Ibadah Haji di Tahun 2020, Jumlah Dibatasi hanya untuk yang Berada di Arab Saudi

"Sejak masuk gerbang, kita sudah lakukan pengukuran suhu tubuh dan di beberapa tempat strategis kita sudah tempatkan tempat cuci tangan dan hand sanitizer. Dan semua umat yang datang, harus menggunakan masker," katanya.

"Semua ini kita lakukan dengan pertimbangan matang dan ini pun tetap kita evaluasi. Pengaturan jarak dan hal lain untuk jalankan protokol kesehatan sudah kita komunikasikan dengan pihak Satgas Covid-19 Kota Medan, pihak pengamanan, dan elemen-elemen lain yang terkait dengan penanganan Covid-19. Semuanya tetap kita lakukan koordinasi dengan pihak pemerintah dan pihak-pihak terkait. Kita pastikan safety dan tidak melanggar protokol kesehatan," pungkasnya. (cr3/tri bun- medan.com)

Penulis: Maurits Pardosi
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved