Breaking News:

Update Covid19 Sumut 5 Juli 2020

Kasus Covid-19 Nihil, Dairi Kebut Persiapan Sektor Pariwisata Memasuki New Normal

Dairi tinggal selangkah lagi menuju New Normal, menunggu keputusan penetapan status Zona Hijau dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut.

Penulis: Dohu Lase
Editor: Juang Naibaho
TRIBUN MEDAN / DOHU LASE
Pasca kasus Covid-19 di Dairi nihil, Bupati Dairi Eddy Berutu dan istri, Romy Mariani Eddy Berutu, bersepeda santai di Silahisabungan, baru-baru ini. Kegiatannya itu sekaligus mengecek kesiapan para pengelola objek wisata di sana menyambut New Normal, yang akan segera Dairi terapkan. 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Dohu Lase

TRI BUN-MEDAN.COM, DAIRI - Kasus Covid-19 di Kabupaten Dairi, Sumut, akhirnya nihil. Dairi tinggal selangkah lagi menuju New Normal, menunggu keputusan penetapan status Zona Hijau dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut.

Menyambut hal itu, Bupati Dairi, Eddy Berutu, dan istri, Romy Mariani Eddy Berutu, bersepeda santai di pesisir Tao Silalahi (kawasan Geopark Kaldera Toba: Silalahi-Paropo) di Kecamatan Silahisabungan, baru-baru ini.

Mereka berdua start dari pintu masuk kawasan Silahisabungan, Desa Silalahi I, melewati hamparan kebun bawang dan menyapa masyarakat yang keduanya temui sepanjang jalan, hingga ke dermaga apung baru di sana.

"Iya, kita berdua gowes untuk olahraga dan memanjakan mata, sekaligus monitoring kesiapan pengelola objek wisata di sini dalam rangka menyambut New Normal, yang kemungkinan dalam satu atau dua bulan ke depan akan segera dilaksanakan," kata Eddy kepada Tribun Medan di sela-sela aktivitasnya saat itu.

Eddy mengatakan, pandemi Covid-19 sukses menghentikan sektor pariwisata Kabupaten Dairi.

Lantaran kasus Covid-19 di Dairi telah nihil, ia berharap segera setelah New Normal, sektor yang digadang jadi andalan pemasukan daerah ini dapat segera kembali menggeliat.

"Pemkab Dairi ingin mempersembahkan kearifan lokal kawasan Tao Silalahi kepada para calon wisatawan. Suguhan panorama kombinasi danau, lekukan bukit, dan hamparan kebun bawang. Pulau Samosir tampak dari kejauhan. Udara di tempat ini juga masih sejuk dan minim polusi. Intinya, sangat tenang," beber Eddy.

Eddy mengaku bersyukur penyebaran wabah Covid-19 bisa dikendalikan, sehingga akhirnya nihil dan kini bersiap New Normal.

Pemkab Dairi, sambungnya, berharap kelak saat New Normal, masyarakat bisa cepat beradaptasi dengan kebiasaan baru, agar kasus Covid-19 tetap nihil meski pembatasan dilonggarkan.

Ia menambahkan, selain pariwisata, Pemkab Dairi juga sedang mempersiapkan dimulainya pembelajaran tatap muka.

"Pemkab Dairi, sesuai dengan kewenangannya pada Zona Hijau, dapat melakukan pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan.secara bertahap selama masa transisi, namun terbatas. Hanya bagi satuan pendidikan (sekolah-red) yang sudah memenuhi dan melengkapi protokol pencegahan Covid-19," pungkas Eddy.

(cr16/tri bun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved