Breaking News:

Talkshow Cengkunek Kesenian, Ajang Sharing Kreativitas Seniman Lokal Medan Secara Virtual

Talkshow virtual ini dilatarbelakangi dari tertundanya kegiatan open mic yang akan dilakukan RSK setiap minggunya.

TRIBUN MEDAN/HO
DOKUMENTASI live Cengkunek Kesenian bersama musisi lokal Medan beberapa waktu lalu. 

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Pandemi wabah Covid-19 beberapa bulan belakangan seakan mematikan kreativitas seniman secara langsung.

Namun, seiring berjalannya waktu, walau vakum dalam pertunjukkan secara langsung, kini para seniman lokal Medan dapat tetap berkreativitas walau secara virtual.

Berangkat dari hal tersebut, Ruang Seni Kopi (RSK) mewadahi para seniman lokal untuk dapat berkreativitas untuk dapat menghibur masyarakat melalui talkshow virtual bertajuk Cengkunek Kesenian.

Penggagas Cengkunek Kesenian, Fedrico Purba menuturkan, talkshow virtual ini dilatarbelakangi dari tertundanya kegiatan open mic yang akan dilakukan RSK setiap minggunya.

"Sebenernya ini berangkat dari kegiatan kesenian yang ingin kita bangun, kebetulan kemarin ruang Seni kopi bukanya bertepatan dengan imbauan pandemi Covid-19. Jadi kami cari alternatif mengenai kegiatan kesenian agar bisa tetap jalan tapi mengikuti protokol kesehatan akhirnya kami buat kegiatan live streaming," ungkap Fedrico kepada Tri bun Medan, Senin (6/7/2020).

3 Bulan Lawan Covid-19, Aktor Nick Cordero Dikabarkan Meninggal Dunia

Cengkunek Kesenian melibatkan para seniman lokal dari berbagai cabang seni mulai dari musik, lukisan, sastra, ataupun pertunjukan

Tayang setiap Jumat Malam melalui live streaming instagram dan youtube, Cengkunek Kesenian sudah berjalan selama 14 minggu dengan 14 narasumber seniman lokal.

"Kami udah ada melist 50 lebih talent lokal. Ini sekarang sudah berjalan ke minggu 14 yang kita buat setiap minggunya di hari Jum'at," ujar Fedrico.

Harus menunda kegiatan talkshow secara langsung dan beralih ke virtual, tentu memiliki tantangan tersendiri bagi seniman dalam bidang rupa ini.

Ternyata Makanan yang Dimasak Terlalu Matang Justru Menimbulkan Penyakit Ganas

Baginya, dalam melangsungkan secara virtual, Fedrico dan tim harus mampu menguasai teknologi mulai dari pengeditan untuk di youtube hingga proses pengunggahan.

Halaman
12
Penulis: Kartika Sari
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved