Breaking News:

Jenazah Pasien Corona Diambil Paksa

TERNYATA Jenazah Pasien Corona yang Dibawa Kabur dari RSUD Pirngadi Berstatus Positif Covid-19

jenazah pasien yang dibawa kabur oleh pihak keluarga dari RSUD Pirngadi ternyata berstatus positif Covid19.

Penulis: Victory Arrival Hutauruk | Editor: Juang Naibaho
Istimewa
Sejumlah warga mengambil paksa jenazah HK dari dalam ambulans milik Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Haulussy Ambon pada Jumat (26/6/2020) sore. 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Victory Arrival Hutauruk

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Medan mengonfirmasi bahwa jenazah pasien yang dibawa kabur oleh pihak keluarga dari RSUD Pirngadi ternyata berstatus positif Covid-19.

Adapun sebelumnya kabar yang beredar bahwa pasien tersebut berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Medan, dr Mardohar Tambunan, menyebutkan bahwa hasil swab test pasien tersebut sudah keluar.

"Yang di RSUD Pirngadi itu hasil swab-nya sudah positif. Itukan dibawa paksa oleh keluarganya, hasil swab sudah keluar waktu meninggal," kata Mardohar saat dikonfirmasi Tri bun-Medan.com, Senin (6/7/2020).

Namun, ia menyebutkan bahwa saat ini tidak ada sanksi hukum yang jelas untuk para keluarga yang nekat mengambil paksa jenazah tersebut.

"Tapi keluarga ini tetap memaksa, karena kekuatan hukum kita terkait hal seperti inikan tidak diatur jelas statusnya bagaimana. Misalnya nih, kalau status hukumnya kuat, siapa yang membawa dihukum setahun, inikan belum ada, masih hukuman yang setimpal, dibicarakan, disuruh push up atau bagaimana, kan masih begitu-begitu," tutur Mardohar.

Selanjutnya, ia menyebutkan Dinas Kesehatan akan segera melakukan tracing dan rapid test kepada seluruh keluarga pasien dan para pelayat.

"Jadi dari Dinas Kesehatan sendiri itu nanti bakal melakukan rapid test terhadap semua orang yang membawa jenazah itu, yang memakamkan. Kita akan telusuri lagi semua yang bersangkutan," ungkapnya.

Mardohar menyebutkan pihaknya sudah melakukan segala upaya untuk mengedukasi keluarga.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved