Breaking News:

Bus AKAP dan AKDP Beroperasi di Zona Merah Siantar, Kepala Terminal Singgung Status

Sejumlah perusahaan moda transportasi umum baik AKAP, AKDP dan Bus Pariwisata terpantau lalu lalang di Kota Pematangsiantar.

Tribun-Medan.com/Alija Magribi
Sejumlah penumpang dari moda transportasi darat diperiksa oleh dinas perhubungan Dinas Perhubungan Terminal Klas A Tanjungpinggir Pematangsiantar, Selasa (7/7/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Alija Magribi

TRIBUN-MEDAN.com, PEMATANGSIANTAR - Sejumlah perusahaan moda transportasi umum baik Angkutan Kota Antarprovinsi (AKAP), Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) dan Bus Pariwisata terpantau lalu lalang di Kota Pematangsiantar.

Padahal bila menilik Surat Edaran Kementerian Perhubungan No 11 tahun 2020, menyebutkan adanya larangan operasi angkutan umum di zona merah, di mana saat ini Kota Pematangsiantar masih termasuk dalam zona tersebut.

Surat edaran itu dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan sebagai pedoman dan Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Transportasi Darat pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru untuk Mencegah Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Menanggapi ini, Kepala Dinas Perhubungan Kota Pematangsiantar Esron Sinaga menjawab bahwa apa yang dilakukan pihaknya sebatas mengawasi penerapan protokol kesehatan.

Ia mengaku soal wewenang penindakan ada di tangan institusi yang lebih tinggi.

"Jadi begini, ini kan kita masuk pada tugas dan kewenangan. Dishub Siantar kan hanya mengimbau. Tetapi kewenangan untuk menindak AKDP itu (ranah) Provinsi dan AKAP itu kementerian," ujar Esron.

Esron menyampaikan, bila ada permintaan untuk secara serempak mengimbau seluruh angkutan umum ini dilarang, maka pihaknya siap mendampingi pelarangan.

Selain itu, Esron yang ditemui di ruang kerjanya, Selasa (7/7/2020) siang, tak menampik alasan masih beraktivitasnya moda transportasi di Kota Pematangsiantar lantaran motif ekonomi.

Itu sebabnya ia hanya berupaya sebisa mungkin memaksimalkan penerapan protokol kesehatan.

Halaman
12
Penulis: Alija Magribi
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved