Breaking News:

Update Covid19 Sumut 7 Juli 2020

Setelah Lama Berstatus Zona Hijau, Kini 1 Warga Samosir Dinyatakan Positif Covid-19

per hari ini, Selasa (7/7/2020), tercatat ada 1 orang pasien positif Covid-19 di Kabupaten Samosir,

TRIBUN MEDAN
Petugas menunjukkan sampel saat tes diagnostik cepat COVID-19 (Rapid Test) secara 'drive thru' di halaman Rumah Sakit USU, Medan, Sumatera Utara, Selasa (9/6/2020). Tes diagnostik cepat secara gratis yang digelar pihak Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara (USU) tersebut sebagai upaya untuk mencegah penyebaran COVID-19.TRIBUN MEDAN/RISKI CAHYADI 

TRI BUN-MEDAN.COM, PANGURURAN - Gugus Tugas Percepatan Pebanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Samosir mengeluarkan imbauan agar masyarakat menunda perjalanan ke luar daerah, jika tidak terlalu penting.

Terutama bepergian ke kabupaten/kota zona merah di wilayah Provinsi Sumatera Utara.

Juru Bicara GTPP Covid-19 Samosir Rohani Bakkara mengatakan, imbauan itu dikeluarkan karena per hari ini, Selasa (7/7/2020), tercatat ada 1 orang pasien positif Covid-19 di Kabupaten Samosir, yang selama ini berstatus Zona Hijau.

Pasien itu terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil metode tes cepat molekuler (TCM). Inisialnya WNS, perempuan, usia 40 tahun.

"Hasil ini merupakan tes secara massal yang dilakukan oleh RSUD Hadrianus Sinaga terhadap 402 petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) dalam rangka Pilkada Samosir Tahun 2020," ujar Rohani.

Saat ini, WNS telah menjalani perawatan di RSU Tarutung.

Dari hasil penelusuran kontak dari pihak berotoritas, WNS diinformasikan telah melakukan perjalanan ke Kota Medan pada tanggal 13 Juni 2020 dan masuk kategori Orang Tanpa Gejala (OTG).

Dugaan sementara WNS terpapar setelah mengadakan perjalanan ke Kota Medan, namun demikian GTPP masih menunggu klarifikasi lanjutan secara resmi.

GTPP Covid-19 Samosir tetap mengimbau masyarakat agar tidak panik dan tetap waspada karena potensi penularan COVID-19 di beberapa kabupaten/kota di wilayah Provinsi Sumut masih tetap tinggi.

Selain itu, juga diimbau agar tetap melakukan protokol kesehatan secara ketat ketika beraktivitas di luar rumah untuk menghindari OTG dan menyebabkan transmisi lokal.

Ia mengungkapkan, penelusuran kontak lanjutan atas WNS akan terus dilakukan oleh pihak terkait untuk menghentikan penyebarannya.

"Terpapar covid-19 bukanlah aib, lakukan imbauan protokol kesehatan secara ketat secara terus menerus. Singkatnya, mari tunda perjalanan ke luar Samosir jika tidak urgen (penting) dengan tetap waspada serta disiplin melakukan protokol kesehatan secara ketat," terangnya.

(Jun-tribun-medan.com)

Penulis: Arjuna Bakkara
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved