Breaking News:

Edukasi Masyarakat Tentang Bahaya Diabetes, Tropicana SlimLakukan Serangkaian Kegiatan Edukatif

Selama tiga hari diadakan serangkaian kegiatan edukatif dan interaktif bagi masyarakat Indonesia di Facebook Live.

TRIBUN MEDAN/HO
KEGIATAN online yang dilakukan secara cuma-cuma oleh Tropicana Slim untuk mengedukasi masyarakat tentang bahaya diabetes, Minggu (12/7/2020). 

TRI BUN-MEDAN.com, MEDAN - Mengedukasi masyarakat hidup sehat Tropicana Slim melakukan serangkaian kegiatan edukatif dan interaktif secara virtual pada 10-12 Juli 2020. Mulai dari sesi edukasi bersama Dokter Spesialis Penyakit Dalam RSCM FKUI, edukasi bersama komunitas Sobat Diabet, Online Cooking Workshop bersama Chef, serta senam online serentak di 52 kota se-Indonesia.

Noviana Halim, Brand Manager Tropicana Slim mengatakan, Tropicana Slim berkomitmen untuk selalu konsisten mengedukasi masyarakat tentang pentingnya hidup sehat serta mengajak untuk mencegah dan melawan diabetes.

"Apalagi pada masa pandemi saat ini, di mana kesehatan perlu menjadi prioritas utama, Tropicana Slim mengadakan #BeatDiabetes Online Festival sebagai upaya untuk mengajak masyarakat makin sadar untuk menjalani hidup sehat serta melawan diabetes sejak dini," ungkap Noviana, Minggu (12/7/2020).

Noviana menambahkan, selama tiga hari diadakan serangkaian kegiatan edukatif dan interaktif bagi masyarakat Indonesia di Facebook Live.

Kegiatan senam online serentak di 52 kota se-Indonesia diadakan secara langsung (live) pada akun Instagram instruktur senam di masing-masing kota.

MANFAAT Kunyit Mengobati Penyakit Lambung, Mencegah Diabetes hingga Kanker

Khusus di kota Medan, senam online #BeatDiabetes dibuka oleh Ibu Gubernur Sumatera Utara Hj. Nawal Edy Rahmayadi selaku ketua Tim Penggerak PKK Sumut dan dipimpin oleh instruktur Anes di akun Instagram-nya anneyzza_azzadina.

Sesuai informasi dari Kementerian Kesehatan RI, berolahraga rutin minimal 150 menit seminggu atau 30 menit perhari sangat dianjurkan untuk menjaga tubuh tetap sehat serta mencegah risiko diabetes.

dr. Dante Saksono, SpPD-KEMD, PhD, Kepala Divisi Metabolik-Endokrin Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM mengatakan menurut data terbaru dari International Diabetes Federation (IDF) Atlas tahun 2017, sebanyak 10,3 juta jiwa masyarakat Indonesia merupakan diabetesi, membuat Indonesia menduduki peringkat ke-6 dunia dengan jumlah diabetesi terbesar.

"Apalagi menurut World Health Organization, di era pandemi saat ini, masyarakat dengan kondisi penyakit tertentu seperti diabetes memiliki risiko lebih tinggi terkena komplikasi serius apabila terkena COVID-19. Inilah mengapa penting bagi masyarakat untuk mendapatkan edukasi yang tepat terkait pencegahan dan penanganan diabetes," ujarnya.

Test Urine Seluruh Pegawai Lapas Tanjunggusta, 1 Orang Positif karena Konsumsi Obat Diabetes

“Sayangnya, saat ini masih cukup banyak informasi hoaks yang beredar seputar diabetes, yang apabila dipercaya dan diterapkan akan akan memperburuk kondisi kesehatan masyarakat," tambah Dante.

dr. Rudy Kurniawan, Sp.PD, pendiri Komunitas Sobat Diabet mengatakan mitos terkait diabetes adalah bahwa diabetes merupakan penyakit orang tua atau diderita orang yang berumur. Faktanya, saat ini semakin banyak anak muda yang juga diabetesi.

Sebuah review yang dipublikasikan pada jurnal Endocrinology and Metabolism menyatakan bahwa usia seseorang terdiagnosis diabetes diketahui lebih muda pada orang Asia, dibandingkan dengan orang Amerika dan Eropa.

5 Manfaat Kunyit Mencegah Diabetes, Kanker Termasuk Mengatasi Tukak Lambung, Cara Mengolah Kunyit

"Bahkan, terdapat penelitian di Asia yang menunjukkan bahwa 1 dari 5 penderita diabetes yang dipelajari ternyata terdiagnosis terkena diabetes pada usia di bawah 40 tahun. Bahkan, berdasarkan data yang ada, diabetes di usia muda cenderung lebih berbahaya dengan risiko komplikasi yang lebih besar," ujar Rudy.

"Komplikasi juga umum terjadi lebih awal, termasuk kerusakan ginjal dan penyakit jantung, yang kemudian meningkatkan risiko kematian di usia yang relatif muda," tutupnya.(cr14/tri bun-medan.com)

Penulis: Rechtin Hani Ritonga
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved